AMBON, Siwalimanews – Fakultas Hukum Universitas Pattimura, menggelar seminar nasional dengan tema Perkembangan Hukum Menuju  Era 5.0.

Seminar yang digelar dalam rangka menyongsong Dies Natalis Fakultas Hukum ke-68 ini, berlangsung di aula fakultas tersebut, Kamis (15/8) kemarin.

Wakil dekan Bidang Akademik, Sherlock Halmes Lekipiouw dalam rilisnya yang diterima redakis Siwalimanews mengatakan, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, dimana masyarakat semakin bergantung pada teknologi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, salah satunya yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi, yang mana teknologi ini telah mengubah cara orang bekerja, berkomunikasi, berbelanja, bahkan berinteraksi dengan orang lain.

“Ini berkaitan dengan era society 5.0, dimana telah terjadi pergeseran paradigma dari era sebelumnya, yang mana teknologi hanya digunakan sebagai alat bantu, kini teknologi menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari,” tulis Sherlock.

Baca Juga: Terima Rekomendasi PSI, Ini Kata Wattimena

Selain itu, kemajuan teknologi saat ini menjadi tantangan tersendiri dan mendorong perkembangan hukum serta perspektif hukum yang menyesuaikan dengan era digitalisasi. Dimana tantangan ini membuktikan, bahwa perguruan tinggi  diberikan tanggungjawab untuk menyesuaikan diri dalam mengikuti pengembangan ilmu pengetahuan dan perkembangan ilmu hukum diera 5.0.

Untuk itu, pihaknya berharap, seminar nasional ini dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran akademik yang bisa menjadi rekomendasi kepada perguruan tinggi untuk menghadapi era 5.0.

Masih dalam rilis itu, Ketua Panitia Dies Natalis Hadibah Z Wadjo menuturkan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan pencerahan kepada mahasiswa/i dan masyarakat terkait perkembangan hukum menuju era 5.0.

“Selain itu, ini juga akan membantu mahasiswa/i Fakultas Hukum untuk memahami permasalahan dilapangan terkait perkembangan hukum menuju era 5.0 serta mengembangkan wawasan mahasiswa/i terkait perkembangan hukum menuju era 5.0,” tandasnya.

Untuk diketahui, dalam seminar ini juga dihadirkan tiga narasumber, yakni Hendrik Lewerissa dengan materi,  Pembangun Hukum Menuju 5.0, Prof Juanrico Alfaromona Sumarezs Titahelu yang juga Ketua Bagian Hukum Pidana Fakultas Hukum Unpatti Mempersiapkan SDM (Sarjana Hukum) yang Unggul, Berdaya Saing dan Berkarakter, Menuju Society 5.0 dan Dr Taufik Hidayat Dosen UIN Imam Bonjol Padang dengan materi tentang Perkembangan Hukum Menuju Era 5.0.(S-25)