AMBON, Siwalimanews – Pendidikan kedokteran Universitas Pattimura mengalami perkembangan yang semakin signifikan, karenanya kedepan Unpatti akan

membuka program studi Pendidikan Kedokteran Gigi.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Pieter Kakisina dalam rilisnya, Senin (20/5) mengatakan, dalam upaya pengembangan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura dan menyiapkan kualitas SDM dalam bidang kesehatan, maka FK Unpatti telah bekerja selama 4 tahun untuk mempersiapkan pembukaan program studi kedokteran gigi.

Dikatakan, masih minimnya tenaga dokter gigi pada pusat kesehatan masyarakat yang ada di Provinsi Maluku, menjadi motivasi, sehingga ini menjadi perhatian khusus.

“Maluku membutuhkan dokter gigi yang nantinya dapat disebarkan pada pulau-pulau yang ada di Maluku. Untuk pendirian prodi kedokteran gigi diperlukan beberapa prasyarat dan dokumen pendukung, dan FK Unpatti sudah berupaya untuk memenuhi semua ketentuan yang ada, dan berharap dapat teralisasi karena akan sangat memberikan manfaat bagi kesehatan masyarakat di kawasan Timur Indonesia,”katanya.

Baca Juga: Kemenag Revitalisasi Peran Guru Agama Kristen

Pihaknya berharap, rencana ini mendapat dukungan penuh Pemerintah Provinsi Maluku dengan mendorong percepatan pembukaan Prodi dimaksud.

Menanggapi hal itu, Penjabat Gubenur Maluku, Sadali Ie mengatakan, Pemerintah Provinsi Maluku berkomitmen untuk mendukung upaya peningkatan SDM bidang kesehatan di Provinsi Maluku, termasuk pembukaan prodi itu.

Dikatakan, Maluku dengan letak geografis kepulauan, memang mengakibatkan konektifitas pelayanan kesehatan agak sulit, sehingga perlu adanya ketersediaan dokter pada pusat-pusat pelayanan kesehatan, khususnya di pulau-pulau.

“Untuk itu dalam waktu dekat kami akan melakukan koordinasi lebih lanjut terkait hal ini, dan juga akan menyurati Kementerian terkait sebagai bentuk dukungan kami terhadap pengembanga Unpatti,” tandasnya.(S-25)