AMBON, Siwalimanews – Universitas Pattimura akan membangun gedung sport center sebagai pusat olahraga di Maluku.

Wakil Rektor IV Unpatti, Ruslan Tawari kepada wartawan di Ambon, Sabtu (5/10) mengatakan, gedung itu akan diberi nama Bahlil Lahadalia, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Indonesia.

Menteri kelahiran Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah 48 tahun silam itu yang akan meletakan batu pertama pembangunan gedung yang akan berdiri di area kampus Unpatti, Poka.

“Pemberian nama Bahlil Lahadalia sebagai nama gedung sport center Unpatti bukan tanpa alasan. Ada banyak faktor yang mendasari penyematan nama itu,” ujar Ruslan.

Unpatti menilai Bahlil adalah tokoh muda yang menjadi kebanggaan masyarakat di Kawasan Timur Indonesia, dia terlahir dari daerah dan tampil di panggung nasional, jadi kita bangga dengan adanya beliau. Dia menginspirasi generasi muda, dari tokoh yang sederhana yang pernah besar di Maluku, lahir di Maluku, lalu kemudian beraktivitas di kawasan Timur termasuk di Maluku,”katanya.

Baca Juga: Unpatti Jalin Kerjasama dengan IIEF

Menurutnya, Bahlil dalam kiprahnya, telah memberikan torehan dan perhatian yang luar biasa terhadap pengembangan Kawasan Timur Indonesia. Untuk itu wajar ketika Bahlil menjadi ikon yang memberikan spirit dan motivasi bagi generasi muda agar lebih berkembang.

“Itu alasan sehingga nama itu kita sematkan,”katanya.

Dia menambahkan, bahwa sport center Unpatti akan dibangun dua lantai yang berukuran besar. Dimana didalamnya tersedia kolam renang, lapangan futsal, voly, badminton, basket, GYM, dan lainnya.

Gedung sport center tak hanya akan digunakan oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah olahraga, tetapi juga akan dijadikan sebagai fasilitas pembinaan olahraga generasi muda Maluku.

“Kita juga akan revitalisasi stadion sepakbola Unpatti. Jadi akan diatur untuk itu. Kita ini punya potensi olahraga di semua cabor, tapi memang tidak ada fasilitas yang secara akademik mendidik kita, tetapi itu terlahir karena hanya sekedar hobi,”katanya. (S-25)