AMBON, Siwalimanews – Partai Nasdem Kota Ambon resmi menutup proses penjaringan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon periode 2024-2029.

Hal ini disampaikan Ketua DPD Nasdem Kota Ambon Mourits Librecht Tamaela kepada wartawan, usai menggelar rapat pleno bersama tim penjaringan yang berlangsung di Sekretariat Nasdem Kota Ambon, Rabu (8/5) malam.

Setelah berproses sejak 1-7 Mei ini kata Tamaela, terdapat tujuh bakal calon, baik walikota maupun wakil walikota yang resmi mendaftar.

“DPD Partai Nasdem Kota Ambon telah melakukan penjaringan bacalon walikota dan wakil walikota lewat tahapan penjaringan terbuka dengan tagline “Nasdem Memanggil”. Dalam proses itu, untuk balon walikota ada enam yang mengambil formulir, dan keenamnya juga kembalikan sekaligus mendaftar. Sementara  untuk calon wakil walikota, dari dua yang ambil formulir, hanya satu yang kembalikan, yakni Mus Mualim. Sementara Abdul Mana Latuconsina, tidak mengembalikan,” jelas Tamaela.

Sementara ketujuh balon walikota yang mendaftar urai Tamaela yakni, Agus Ririmasse, Jantje Wenno, Bodewin M Wattimena, Anes Alexander Waas, Antoni Gustaf Latuheru dan Ferly Tahapary. Dengan mendaftarannya tujuh kandidat tersebut, menunjukan animo dan atensi para kader bangsa terhadap partai ini, sangat membanggakan.

Baca Juga: Dua Guru Besar Unpatti Kembali Dikukuhkan

Itu artinya, Nasdem memiliki daya tarik tersendiri, sehingga dari semua bakal calon yang melakukan pengambilan formulir, hampir 100 persen melakukan pengembalian.

“Setelah ini, semua berkas akan dilanjutkan ke DPP melalui DPW, untuk proses rekomendasi. Setelah ini, akan jadi kewenangan DPP. Kita hanya sebatas melakukan tahapan pada proses penjaringan. Tanggal 9 Mei besok, semua dokumen ini akan dibawah ke DPW untuk diplenokan,” ungkap Tamaela.

Ditanya soal bacalon yang dipriotitaskan, Tamaela mengaku, tidak ada yang dikhususkan dalam proses ini, karena semuanya mendapatkan pelayanan yang sama hingga proses rekomendasi yang nantinya ditentukan oleh DPP.

“Kami tidak mengarah pada kandidat tertentu atau kepada siapa,” tandas Tamaela.

Pada kesempatan itu Tamaela selaku pimpinan Nasdem Kota Ambon menyampaikan terima kasih kepada semua bacalon yang sudah berproses di partai besutan Surya Paloh ini dalam tahapan penjaringan bacalkda.(S-25)