AMBON, Siwalimanews – Ketua DPRD Kota Ambon Ely Toisuta, akhirnya mendaftar sebagai calon Wakil Walikota Ambon di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Sumber Siwalimanews di DPD PDIP Maluku, Rabu (3/7) menyebutkan, Toisutta mendaftar melalui DPP PDI Perjuangan di Jakarta pada, Senin (1/7) kemarin. Proses pendaftaran sekaligus penyerahan berkas pencalonan Toisuta itu, diwakilkan kepada salah satu tim pemenangannya Ridwan Rumahtiga.

Rumahtiga diketahui mendatangi Markas Banteng Moncong putih di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (1/7) kemarin dan menyerahkan berkas pencalonan kader partai Golkar Kota Ambon itu dan diterima oleh staf Sekretariat DPP PDIP, dan nama Ely Toisutta sendiri, sudah terdaftar dalam aplikasi pendaftaran DPP PDI Perjuangan.

Terkait hal itu, Toisutta yang dikonfirmasi Siwalimanews melalui telepon selulernya, tidak merespon.

Sementara Wakil Ketua Tim Penjaringan DPD PDIP Maluku, Robby Tutuhatunewa, yang dikonfirmasi Siwalimanews membenarkannya.

Baca Juga: PAN Beri Rekomendasi Tugas ke Ririmasse dan Rosita Usman

“Ia benar. Karena ini sudah tidak lagi menjadi kewenangan DPD, maka kita menyarankan kalau mau mendaftar itu ke DPP PDIP,” ujarnya.

Untuk itu, saat ini kata Tutuhatunewa di PDIP, untuk balon Wakil Walikota Ambon sudah dua kandidat yang telah resmi mendaftar, yakni Diana Padang dan Ely Toisuta.

“Ibu Diana Padang dan ibu Ely Toisuta yang resmi mendaftar sebagai balon Wakil Walikota Ambon,” tandasnya.

Diketahui, sebelumnya Toisutta telah mendapat rekomendasi Partai Nasdem, berpasangan dengan mantan Penjabat Walikota Ambon Bodewin M Wattimena, dalam Pilwalkot November 2024 mendatang. (S-25)