AMBON, Siwalimanews – Guna meningkatkan kerjasama merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) dengan mitra, maka Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik menggelar lokakarya yang dipusatkan di lantai III Kmapus Fisip Unpatti.

Dekan FISIP Universitas Pattimura Wahab Tuanya dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Selasa (30/7) menjelaskan, MBKM adalah program yang dicanangkan oleh Kemendikbudristek dengan tujuan, untuk mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan yang menjadi bekal memasuki dunia kerja.

MBKM sendiri memiliki 8 program yang wajib diikuti oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia, salah satunya adalah magang.

“FISIP sejak 2022 sampai sekarang, sudah melaksankan program magang di Pemprov Maluku sampai ke kabupaten/kota, swasta maupun industri dan semua pelaksanan magang selama 3 tahun ini, berjalan baik. Tetapi dalam evaluasi, kami merasa perlu menggelar lokakarya ini dalam rangka penyamaan persepsi dan komitmen bersama mensukseskan program ini,” tulis Tuanaya dalam rilis tersebut.

Dalam lokakarya ini kata Tuanaya, ada empat hal yang menjadi fokus bersama, yaitu terkait penguatan kesepahaman, komitmen bersama dalam mensukseskan kegiatan MBKM, koordinasi dan komunikasi terkait dengan penempatan jumlah mahasiswa dan sinergitas antara dosen pendamping lapangan dengan instruktur mitra, sehingga penilian dapat dilakukan sesuai dengan mekanisme yang berlaku, ditambah terkait administrasi serta dokumen kerjasama antara FISIP dengan instansi terkait tersebut.

Baca Juga: Bodewin Sapa Akar Rumput PDI Perjuangan

“Dengan ini kami berharap, lokakarya ini dapat menghasilkan satu presepsi terkait dengan penyelenggarann MBKM dan adanya perbaikan bagi FISIP dan mitra dalam hal peningkatan kerjasama,” harap Tuanaya.(S-25)