DOBO, Siwalimanews – Demi meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru memberikan bantuan alat tangkap kepada puluhan kelompok nelayan.

Bantuan diberikan oleh dinas perikanan berupa 32 unit longboat beserta cool box ukuran 100 liter kepada kelompok nelayan.

Sebelumnya, bantuan yang sama juga telah diberikan sebanyak 20 unit longboat kepada kelompok nelayan beserta cool box ukuran 100 liter

Penyerahan bantuan dari pemerintah itu berlangsung di  Dusun Belakang Wamar, Kamis (19/10) oleh Kepala Dinas Perikanan Aru, A.L.O. Tabela  kepada perwakilan 52 kelompok  nelayan.

“Bantuan hari ini 32 unit jenis kedo-kedo bermesin tempel beserta cool box ukuran 100 liter,” kata Kadis tabela dalam sambutannya.

Baca Juga: Pemda Dukung Kerjasama RS Siloam, UI dan RSCM

Ia mengaku bantuan yang diberikan tahun ini sudah dilakukan sebanyak dua kali.

“Penyerahan bantuan pertama sebanyak 20 unit longboat dan hari ini sebanyak 32 unit kepada kelompok nelayan. Artinya sudah 52 unit yang kita serahkan,” jelasnya.

Menurutnya selain 52 unit bantuan yang sudah diserahkan, Dinas Perikanan akan menyerahkan lagi 4 unit bantuan kepada nelayan berupa kapal penangkap ikan.

Kapal penangkap ikan saat ini masih dalam proses pekerjaan yang dilakukan di pulau ambon.

“Kapasitas kapal ikan untuk nelayan itu 4 GT. Empat kapal itu sementara dikerjakan di Ambon. Sebelum akhir tahun sudah bisa di serahkan,” janjinya.

Semua bantuan yang diberikan kepada nelayan sampai saat ini lanjutnya dibiayai oleh Dana Alokasi Khusus bidang perikanan dari pemerintah pusat lewat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)

“Total bantuan melalui DAK berjumlah 56 unit. 52 unit sudah diberikan dan sisa empat akan diberikan nanti,” tandasnya.

Kepada para nelayan, ia berharap dapat menggunakan bantuan sebaik mungkin untuk meningkatkan pendapatan dan mengembangkan usaha.

“Harapan saya, bantuan tersebut dapat dipergunakan sebaik-baiknya sehingga kedepannya manfaat dari bantuan guna menambah pendapatan kelompok maupun keluarga benar-benar tercapai sehingga kesejahteraan nelayan di daerah kita ini,” tandasnya. (S-11)