AMBON, Siwalimanews – Guna meningkatkan Kerjasama program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan mitra, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik universitas pattimura menggelar Lokakarya.

Dekan FISIP Universitas Pattimura, Wahab Tuanya dalam rilisnya, Selasa (30/7) mengatakan, MBKM adalah program yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan.

“Tujuan Kemendikbud Ristek mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan yang menjadi bekal memasuki dunia kerja. MBKM sendiri memiliki 8 program yang wajib diikuti oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia, salah satunya adalah magang,” jelasnya.

Lanjutnya sejak 2022 sampai sekarang FISIP sudah melaksanakan program magang dengan pemerintah provinsi sampai ke pemerintah kabupaten kota, swasta maupun industri.

“Semua pelaksanan magang selama 3 tahun berjalan baik. Tetapi dalam evaluasi, kami merasa perlu menggelar lokakarya dalam rangka penyamaan persepsi dan komitmen bersama mensukseskan program ini,” katanya.

Baca Juga: Dosen Unpatti Masuk Daftar Ilmuwan Internasional

Dalam lokakarya ini lanjutnya, ada empat hal yang menjadi fokus bersama, yaitu terkait penguatan kesepahaman, komitmen bersama dalam mensukseskan kegiatan MBKM, koordinasi dan komunikasi terkait dengan penempatan jumlah mahasiswa dan sinergitas antara dosen pendamping lapangan dengan instruktur mitra. “Penilaian dapat dilakukan sesuai dengan mekanisme yang berlaku, ditambah terkait administrasi serta dokumen kerjasama antara FISIP dengan Instansi terkait,” terangnya.

Dengan ini ia berharap, lokakarya ini dapat menghasilkan satu persepsi terkait dengan penyelenggaraan MBKM dan adanya perbaikan bagi FISIP dan mitra dalam hal peningkatan kerjasama. (S-25)