AMBON, Siwalimanews – Hari ini, Kamis (5/9), sebanyak 1.297 lulusan Universitas Pattimura (Unpatti) diwisudakan, yang akan berlangsung dalam rapat senat terbuka Universitas Pattimura gelombang II Tahun 2019, dan dipusatkan di Audiotorium Unpatti.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Frederik Rieuwpassa merincikan 1.297 lulusan tersebut, masing-masing Fakultas Hukum 127 orang, FISIP 51 orang, FKIP 556 yang terdiri dari Strata satu 466 orang dan Profesi Guru 90 orang kemudian Fakultas Ekonomi dan Bisnis 116 orang, Fakultas Pertanian 84 orang, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 104 orang.

Selain itu, Fakultas Teknik 98 orang, Fakultas MIPA 45 orang, Fakultas Kedok­teran 26 orang masing-masing pendidi­kan dokter 8 orang dan profesi dokter 18 orang serta Pasca Sarjana 90 orang.

“Dari 1.297 lulusan itu, tercatat Cum­lau­de 67 orang, terdiri dari strata satu 65 orang dan strata dua 2 orang,” beber Rieuw­passa, kepada wartawan, Rabu (4/9).

Ia mengaku, sebenarnya lulusan strata dua Cumlaudenya bisa lebih dari dua orang karena indeks prestasi komulatif (IPK) lebih dari 3,7 dan seterusnya namun tidak memenuhi syarat.

Baca Juga: 50 Lulusan FISIP Unpatti Diyudisium

“Syarat untuk strata dua itu adalah jurnal dan sampai selesai masa ujian, jurnalnya terakreditasi tetapi yang cumlaude ini adalah jurnal yang terindeks dan tercatat secara nasional dan itu hanya dua orang yaitu dari Jurusan Agrobisnis dan Jurusan Pengolahan Lahan dari Fakultas Pertanian, dengan masa studi untuk strata dua hanya 1 tahun 9  bulan” ujarnya.

Rieuwpassa mengaku seluruh persiap­an wisuda telah dilakukan dan diharapkan bisa berjalan sesuai dengan yang diha­rapkan.

“Kami berharap proses wisuda ini bisa berjalan dengan baik, karena acara wisuda ini juga akan dihadiri oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail,” terangnya. (S-16)