AMBON, Siwalimanews – Sekretaris DPD Golkar Maluku Abner James Timisela mengaku, partai pimpinan Airlangga Hartarto ini, terbuka jika salah satu kadernya dipinang Ketua DPD Gerindra Hendrik Lewerissa sebagai calon wakil gubernur.

Saat ini, semua partai sementara berproses untuk melakukan penjaringan dan penyaringan terhadap calon gubernur maupun calon wakil gubernur untuk diusung dalam Pilkada Maluku.

Hal serupa juga terjadi di Partai Golkar, dimana saat ini partai berlambang pohon beringin itu sedang melakukan survei terhadap sejumlah nama yang digadang-gadang menjadi calon gubernur maupun wakil gubernur.

“Tujuan Partai Golkar jelas, harus mengambil peran dalam proses pilkada dengan mendorong kader terbaik maju dalam pilkada, baik sebagai calon gubernur maupun wakil gubernur,” ungkap Timisela kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Sabtu (8/6).

Dinamika politik beberapa hari lalu yang berkaitan dengan komunikasi antara ketua DPD Gerindra dengan tokoh Partai Golkar Said Assagaff kata Timisela, memang tidak bisa dilanjutkan, karena terbentur aturan.

Baca Juga: Media Gathering Merupakan Upaya UT Bangun Kemtiraan

Artinya Golkar tidak mungkin menabrak aturan untuk mendorong Said Assagaff mendampingi Hendrik Lewerissa, Golkar tetap berkomitmen, jika Hendrik Lewerissa ingin mengambil kader Golkar sebagai calon wakil gubernur, maka hal itu terbuka.

“Seandainya Gerindra tetap berkomitmen untuk maju dengan Golkar karena memenuhi persyaratan pengajuan calon, maka Golkar siap. Ada banyak kader yang bisa kita dorong, seperti ketua DPD Golkar Ramli Umasugi dan Hamza Sangadji. Tinggal komunikasi seperti apa,” ucap Timisela.

Kendati demkian,  Timisela mengembalikan semua proses kepada DPP, sebab berbeda pendangan dalam sebuah proses itu hal biasa, namun ketika keputusan partai ditetapkan, maka seluruh elemen partai taat.(S-20)