AMBON, Siwalimanews – Torehan prestasi kembali diraih Polda Maluku, kali ini penghargaan datang dari Charta Politika Indonesia, yang menempatkan Polda Maluku pada ranking pertama di dua dari tujuh dimensi penilaian.

Charta Politika Indonesia sendiri melakukan survey tentang peringkat kinerja Polda di jajaran Polri.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Roem Ohoirat kepada wartawan di ruang kerjannya, Selasa (16/11) menjelaskan, ada tujuh dimensi yang menjadi penilaian, yakni kepuasan pemeliharaan kamtibmas, penegakan hukum, kualitas SDM polisi, pelaksanaan tugas kontemporer, kepuasan pelayanan publik, kepuasan komunikasi publik dan pengawasan kinerja.

Dari tujuh dimensi ini, dua diantaranya menempatkan Polda Maluku di ranking pertama, yakni dimensi kepuasan komunikasi publik dan kualitas sumber daya manusia polisi.

“Ada tujuh item yang dinilai dan Polda Maluku menduduki ranking pertama untuk dua item. Yaitu dimensi dimensi kepuasan komunikasi publik dan kualitas sumber daya manusia polisi,” ujar Ohoirat.

Baca Juga: Polres Aru Tanggapi Santai Ancaman KPU Aru

Capaian yang diraih Polda Maluku ini kata Kabid, diketahui saat digelarnya analisa dan evaluasi capaian program prioritas Kapolri (PPK) triwulan III (Juli-September 2021) yang dilakukan Itwasum Polri, melalui zoom meeting, Senin (15/11) malam.

Anev mengenai capaian PPK itu dipimpin Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto dengan diikuti Kapolda Maluku Irjen Refdi Andri, Irwasda Kombes Edy Yudianto, dan sejumlah pejabat utama di Polda Maluku.

“Untuk kategori kepuasan komunikasi publik, sejumlah item yang dinilai meliputi mengetahui himbauan kamtibmas, intensitas mendapatkan informasi dari Humas Polda, dan media mendapatkan informasi dari Humas Polda,” ucapnya.

Sementara untuk kategori kualitas SDM polisi, juru bicara Polda Maluku ini mengaku penilaian meliputi, proses rekrutmen anggota kepolisian, pelaksanaan HAM oleh personel kepolisian, pelayanan publik sesuai harapan masyarakat, kepuasan pada kinerja Polda dalam tindak lanjut laporan, dan kepuasan pada kinerja Polda dalam membangun komunikasi kepada masyarakat.

“Jadi untuk dua dimensi tersebut, Polda Maluku menempati ranking pertama dari 34 Polda di Indonesia yang dinilai,” tuturnya.

Atas capaian yang diraih tersebut, Kapolda Maluku menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota kepolisian di jajaran Polda Maluku yang telah bekerja dengan penuh dedikasi tinggi.

“Bapak Kapolda mengaku capaian yang diraih tersebut merupakan prestasi bersama dan beliau menyampaikan terima kasih kepada anggota,” pungkasnya. (S-45)