AMBON, Siwalimanews – SMA Negeri 4 Ambon menjuarai Festival Musikalisasi Puisi SMA/SMK/MA Tingkat Provinsi Maluku,  yang diselenggarakan di Gedung Pertunjukan Kantor Bahasa Provinsi Maluku, Sabtu (29/6).

Dalam release yang diterima Siwalimanews, dari 25 tim dari berbagai sekolah di Maluku, SMA Negeri 4 Ambon berhasil juara I  dengan skor 276 menyusul Sekolah Dian Harapan Ambon skor 274, pemenang III SMA Negeri 3 Ambon skor 263.

Kemudian pemenang IV SMA Negeri Siwalima Ambon skor 255, SMA Negeri 1 Ambon skor 253 (Pemenang V), dan SMA Negeri 8 Ambon skor 245 (Pemenang VI).

Pemenang I dan II akan mewakili Provinsi Maluku dalam Festival Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Festival ini dipandu oleh Monica Seipala, Duta Bahasa Provinsi Maluku Tahun 2016. Seipala tidak hanya memandu acara dengan apik, tetapi juga mempromosikan kegiatan dan produk kebahasaan dan kesastraan Kantor Bahasa Provinsi Maluku kepada para penonton. Bagi penonton yang tidak bisa hadir di lokasi, acara ini juga ditayangkan secara langsung di Facebook Kantor Bahasa Maluku.

Baca Juga: Miliki Narkoba, Sumarsono Dituntut 6 Tahun Penjara

Penampilan para peserta dinilai oleh dewan juri yang kompeten dalam bidang sastra dan musik, yaitu Falantino E. Latupapua, Wessly Johanes, dan Marthen Luturmas. Setelah melalui proses penilaian yang matang, dewan juri akhirnya mengumumkan para pemenang:

Dalam evaluasi, dewan juri mengapresiasi keseriusan guru dan peserta dalam memaknai puisi secara terus menerus. Mereka juga menyebutkan agar tidak mendramatisasi dan memperhatikan suasana puisi agar tidak salah ketika menampilkan puisi. Selain itu, dewan juri mengharapkan guru pendamping dan peserta selalu menambah referensi musik agar bisa terus  berkreasi dalam musikalisasi puisi.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku, Kity Karenisa, dalam sambutan penutupnya menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan acara ini.

“Kami juga berharap festival ini dapat menjadi wadah bagi para siswa untuk mengembangkan bakat mereka dalam bidang sastra dan musik. Beliau juga berharap semua guru dan peserta menikmati kegembiraan festival dan pemenang yang menjadi perwakilan Maluku dapat masuk ke babak final,” pintanya.

Dikatakan, Festival Musikalisasi Puisi SMA/SMK/MA Se-Provinsi Maluku ini merupakan salah satu upaya Kantor Bahasa Provinsi Maluku untuk membina generasi muda agar terus mengapresiasi karya sastra. Acara ini diharapkan dapat memotivasi para generasi muda untuk terus berkarya dan mencintai sastra Indonesia.

Turut hadir, Kepala Balai Guru Penggerak, Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XX, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, staf Taman Budaya Provinsi Maluku, Kepala Sekolah peserta festival, dewan juri, dan masyarakat umum.(S-08)