AMBON, Siwalimanews – Sukses menjalankan program sistem penjaminan kesehatan dari pemerintah pusat, Kabupaten Maluku Barat Daya terima penghargaan Universal Health Coverege Award 2023.

Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Kar­navian kepada Wakil Bupati MBD Agustinus Kilikily di Balai Sudirman, Jakarta Selatan kemarin.

Penghargaan ini diberikan sebagai wujud komitmen dalam mendukung program jaminan kesehatan nasional bagi masyarakat Indonesia.

Penghargaan bertajuk “Wujud Nyata Komitmen Pemda Dalam Mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional Bagi Masya­rakat Indonesia,” dibuka oleh Wakil Presiden Indonesia, Ma’ruf Amin itu diberikan kepada kepada 22 pro­vinsi dan 334 kabupaten kota termasuk MBD.

UHC merupakan sistem pen­jaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

Baca Juga: DPRD Temukan Limbah B3 Tertumpuk di Puskesmas

Penghargaan UHC sendiri secara garis besar merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap layanan kesehatan yang terjangkau atau mudah diakses bagi semua pihak di daerah. Melalui Instruksi Presiden Nomor 01 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional, Presiden menginstruk­sikan 30 kementerian/lembaga, gubernur, bupati, dan walikota untuk mengambil langkah-langkah sesuai tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing guna melakukan optimalisasi program Jaminan Kesehatan Nasional. Penghargaan UHC diberikan kepada pemda yang telah melaksanakan jangkauan pelayanan kesehatan bagi masyarakat sebesar 98 % dari jumlah penduduk yang ada.

Dengan tercapainya UHC di setiap daerah, Wapres mengapre­siasi komitmen Pemda, khususnya dalam menjalankan instruksi Presiden Nomor 01 Tahun 2022.

Wakil Bupati, Agustinus Kilikily, mengaku melalui penghargaan UHC ini, diharapkan pemerintah daerah terus meningkatkan pelayanan bagi masyarakat di Kabupaten MBD.

“Kami akan meningkatkan pela­yanan agar masyarakat dapat lebih mudah dan terjangkau untuk menda­patkan di bidang kesehatan,” tegasnya.

Ia juga berharap sinergitas dan koordinasi dengan BPJS Kesehatan agar bisa bersama-sama mening­katkan mutu pelayanan kesehatan, sehingga masyarakat dapat mera­sakan manfaat jaminan kesehatan secara optimal.

Lanjutnya, kepuasan pemda adalah masyarakat MBD dapat terjamin kesehatannya dan tidak perlu memikirkan kesulitan pe­ngobatan.

Atas penghargaan yang di terima, dirinya juga mengucapkan ucapkan terima kasih atas bentuk kerja sama dari semua pihak.

“Hal ini terwujud, karena hasil dari upaya bersama BPJS, Dinas Kesehatan, rumah sakit, Puskesmas dan pihak terkait lainnya, ” tandasnya. (S-09)