AMBON, Siwalimanews – Hingga saat ini sisa dana hibah yang diperuntukan bagi KPU Kota Ambon sebesar Rp11 miliar, belum juga dicairkan oleh Pemerintah Kota Ambon.

“Dana hibah kita itu baru cair 68 persen. Jadi kita masih kurang sekitar Rp11 miliar dari total anggaran KPU sekitar Rp35 miliar,” ungkap Ketua KPU Kota Ambon Kaharudin Mahmud kepada wartawan usai membuka Rakor Dukungan Teknis Pencalonan dan Sosialisasi visi misi sesuai RPJPD Dalam Pilkada Serentak tahun 2024, yang berlangsung disalah satu hotel, Rabu (24/7).

Untuk itu,pihaknya berharap, pemkot dapat segera melakukan pencairan sisa dana dimaksud, mengingat pada kabuoaten/kota lain di Maluku, anggaran tersebut sudah 100 persen cair.

“Beberapa teman-teman KPU di kabupaten/kota sudah, dan kami di kota belum. Karena itu kita berharap Pemkot Ambon bisa segera cairkan agar kita bisa aksanakan tahapan ini berjalan dengan baik,” tuturnya.

Menurutnya, anggaran itu penting, mengingat tahapan logistik, persiapan logistik dan pembayaran honor dan lainnya itu sudah berjalan dan tentunya KPU membutuhkan anggaran yang maksimal agar tidak menghambat seluruh proses yang telah berjalan saat ini.

Baca Juga: 34 Ribu Anak Ditargetkan Peroleh Imunisasi Polio

“Prosesnya sudah jalan, jadi kita harapkan pemkot bisa menyelesaikan sisa anggaran hibahnya. Sesuai Permendagari, lima bulan sebelum pungut-hitung tanggal 27 November, itu berarti bulan Juni kemarin, sisa anggaran itu sudah harus cair untuk selanjutnya KPU dapat melaksanakan segala proses tahapan pilkada ini,” tandasnya.

Ia mengaku, KPU telah berkoordinasi dengan pemkot dalam hal ini Penjabat Walikota Ambon, namun kendalanya adalah soal anggaran yang belum tersedia.

“Memang kendalanya soal anggaran pemkot yang belum ada. Tetapi secara teknins itu akan mereka pikirkan,” tegasnya.(S-25)