AMBON, Siwalimanews – Majelis Pekerjaan Harian Sinode Gereja Protestan Maluku, mengingatkan seluruh calon kepala daerah untuk memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat.

Ketua MPH Sinode GPM, Pendeta Elifas Maspaitella menjelaskan, perhelatan politik pemilihan kepala daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota harus dijadikan ajang untuk memberikan pendidikan politik, khususnya dalam menjaga perdamaian.

Ia mengaku, dalam pilkada tentunya ada kepentingan tertentu dari masing-masing kontestan, tetapi jangan sampai berdampak pada perdamaian yang selama ini telah terbangun.

“Para kontestan harus dapat membina masyarakat melalui event demokrasi untuk merajut perdamaian dan persaudaraan ditengah masyarakat,” tandas Maspaitella kepada wartawan usai resepsi HUT GPM di Baileo Oikumene, Jumat (6/9).

Menurut Maspaitella, kontestan dan tim pemenangan harus memberikan edukasi politik dan edukasi demokrasi yang baik dengan bersendikan pada perdamaian masyarakat.

Baca Juga: Masuki Usia 449 Tahun, Ambon Masih Diperhadapkan dengan Berbagai Persoalan

Pasalnya, tanpa perdamaian, demokrasi akan kembali jatuh dalam lubang hitam yang membuat masyarakat terpuruk sangat dalam.

“Kita berdoa Tuhan memberi kepada seluruh masyarakat Maluku pemerintah yang baik dan bijaksana serta dapat menjaga dan merawat perdamaian yang sudah terbangun selama ini,” pinta Maspaitella.(S-20)