AMBON, Siwalimanews – Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Ambon, Rustam Simanjuntak mengaku, lahan TPU khusus Covid di Hunuth mampu menampung kurang lebih 600 jenazah.

TPU Hunuth, memiliki luas sebesar 1,8 hektar yang dibagi dua yakni untuk memakamkan jenazah umum serta pemakaman jenazah Covid-19.

Tingginya angka kematian akibat corona, dalam beberapa hari terakhir ini, diakui tidak menjadi masalah mengenai ketersediaan lahan pemakaman yang dimiliki Pemkot Ambon.

Meskipun ini menjadi masalah, namun untuk sementara ini TPU Hunuth masih memadai untuk memakamkan jenazah yang meninggal dengan indikasi Covid-19.

“Tidak ada masalah, walaupun angka kematian dalam beberapa waktu terakhir tinggi, tapi di TPU Hunuth masih sangat cukup. Sebab, disana itu mampu menampung 600 Jenazah,” tandas Rustam.

Baca Juga: Dinkes Kirim Sampel Diduga Varian Delta

Untuk sementara ini kata Rustam masih cukup untuk kurang lebih 600 jenazah, namun apabila nantinya dilakukan pematangan lahan, maka dipastikan akan lebih dari cukup lahan tersebut digunakan untuk memakamkan jenazah.

“Kapasitas di TPU Hunuth 600 Jenazah. Sebab disana itu, belum seluruhnya kita lakukan pematangan, jadi masih banyak tempat. Tapi kita berdoa semoga ke depan, angka kematian tidak terlalu banyak lagi,” imbuhnya.

Sementara menyangkut dengan petugas pemakaman yang bertugas saat ini di TPU  Hunuth tambah Rustam, dibagi dua shift  yang anggotanya berasal dari petugas TPU Kebun Cengkeh dan Benteng.

“Satu shift terdiri dari  delapan orang. Jadi kalau hari ini petugas dari Kebun Cengkeh yang bekerja menangani pemakaman, besoknya itu giliran dari Benteng, dia bergantian terus-menerus seperti ini,” pungkasnya. (S-52)