AMBON, Siwalimanews – Polda Maluku menggelar upacara penyerahan pataka Salawaku Emarina yang berlangsung di Lapangan Letkol Pol (Purn) Chr Tahapary, Kamis (1/8).

Penyerahan Pataka merupakan tradisi Polri sebagai bentuk diserahkannya tugas dan tanggung jawab jabatan Kapolda Maluku dari pejabat lama kepada pejabat baru.

Pada upacara tersebut, Irjen Lotharia Latif  selaku pejabat lama menyerahkan Pataka Polda Maluku Salawaku Emarina kepada Irjen Eddy Sumitro Tambunan selalu Kapolda Maluku yang baru. Dengan penyerahan pataka tersebut, berakhir juga tugas Irjen Lotharia Latif di Polda Maluku.

Irjen Lotharia Latif dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih kepada seluruh personel Polda Maluku dan polres jajaran yang sudah bersama-sama membangun Polda Maluku menjadi maju dan dicintai masyarakat hingga saat ini.

“ini merupakan suatu kebanggaan bagi saya selaku pejabat kapolda yang lama, personel Polda Maluku dan polres jajaran yang sudah bersama-sama membangun Polda Maluku,” ungkap Irjen Latif.

Baca Juga: ASN Wajib Terlibat Aktif Bangun Daerah

Irjen Latif juga mengajak seluruh personel untuk terus melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat dengan baik.

“Saya yakin  sesungguhnya tidak ada tugas yang sulit dan berat di Maluku ini kalau kita semua dapat melaksanakannya dengan bersama-sama. Saya berharap walau nanti saya sudah tidak di Maluku ini lagi, namun silaturahmi dan koordinasi kita dapat terus berjalan dengan baik,” pinta Irjen Latif.

Ia juga mengingatkan, seluruh personel untuk terus meningkatkan disiplin dan hindari semua bentuk pelanggaran yang dapat merugikan diri sendiri dan institusi. Caranya dengan melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksi yang sudah di berikan oleh negara.

“Saya juga meminta maaf kalau ada kesalahan yang dilakukan, karena kita hanya selaku manusia biasa yang tak luput dari salah,” ucap Irjen Latif.

Pada kesempatan itu, Kapolda Maluku Irjen Eddy Sumitro Tambunan, juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh personel Polda Maluku yang sudah menyambut dirinya selaku Kapolda Maluku yang baru.

“Saya sampaikan terima kasih kepada Irjen Lotharia Latif dan seluruh personel Polda Maluku atas penyambutan mulai dari saat sertijab kemarin di Jakarta hingga pada upacara penyerahan Pataka Polda Maluku pada hari ini,” ucap Iirjen Eddy.

Sebagai warga baru di Polda Maluku, Irjen Eddy juga minta seluruh jajarannya untuk bisa membantunya, bersama-sama mewujudkan Maluku yang aman dan damai.

“Kita ubah mindset orang di luar sana kalau Maluku ini daerah rawan, olehnya itu bantu saya, mari kita bekerjasama dengan baik, kita wujudkan kamtibmas di wilayah Maluku ini yang aman, damai, sejahtera,” pinta Irjen Eddy.

Irjen Eddy juga menyampaikan terima kasih kepada Irjen Lotharia Latif yang sudah memimpin Polda Maluku dengan baik.

“Semoga ke depan sebagai pejabat yang baru kami dapat melanjutkan apa yang sudah diberikan Irjen Lotharia Latif kepada Polda Maluku,” tandas Irjen Eddy.(S-10)