AMBON, Siwalimanews – Sekda Maluku, Kasrul Selang berjanji akan menganggarkan pembangunan talud SMPN 1 Ambon tahun 2021. Selang mengatakan untuk hal ini dirinya akan mengkonsultasikan dengan Dinas PUPR Provinsi Maluku.

“Mungkin kita bisa anggarkan pembangunan talud SMPN I ini di tahun depan, nanti saya konsultasikan dengan Dinas PUPR,” kata Selang.

Dirinya mengaku tidak mengetahui secara detail talud tersebut, namun ia berjanji akan menindaklanjuti.  “Itu sudah lama ya, nanti kita cek lagi, kan ada anggarannya, mungkin kita bisa bangun tahun depan,” janji Selang.

Ditambahkan, untuk lebih detail nanti setelah dilakukan konsultasi dengan dinas terkait dan bagaima­na dengan proses penanganan akan dijelaskan kemudian.

Sebelumnya diberitakan, Kerusakan talud SMPN 1 Ambon akibat bencana longsor yang melanda Kota Ambon pada 2012 sampai saat ini tidak diperhatikan pemerintah. Akibatnya nyawa manusia terancam saat musim penghujan tiba.

Baca Juga: Dianggap Marga Lenyap, Kelaurga Hehuat Temui DPRD

Disaat musim penghujan, aktivitas sekolah dihentikan lantaran keberadaan talud yang mengancam pihak sekolah. Beruntung kondisi pandemik corona menyebabkan sekolah diliburkan, sehingga ketakutan yang selama ini menghantui pihak sekolah bisa diatasi.

Pihak sekolah menyayangkan pemerintah daerah yang terkesan tutup mata. Padahal pasca bencana longsor sampai sekarang sudah delapan tahun tidak ada perhatian.

“Delapan tahun sudah sejak terjadinya bencana lonsor yang melanda beberapa kawasan di Kota Ambon pada tahun 2012 kemarin termasuk talud milik SMPN 1 Ambon, namun sampai saat ini tak ada perhatikan pemerintah untuk memperbaiki talud tersebut,” kata. Wakil Kepala SMPN I Ambon Maurits Wermasu­bun kepada wartawan Rabu (4/11).

Wermasubun mengatakan, belum dibangunnya talud yang longsor sejak tahun 2012 ini sangat mengganggu kenyamanan mereka saat melakukan aktivitas di sekolah. Pihak sekolah berharap, Pemkot Ambon dan Pemprov Maluku serius melihat kondisi talud tersebut. (S-39)