AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon kembali menggerakan pangan murah untuk masyarakat dengan harga terjangkau.

Pangan murah dijual Pemerintah Kota Ambon yang dipusatkan di Pelabuhan Enroko sedikit berbeda dari yang dijual di pasar tradisional.

“Kami menghimbau masyarakat datang guna melakukan pembelanjaan seperti ini karena satu gerakan yang luar biasa dapat membantu masyarakat,” kata Sekot Agus Ririmasse ketika memantau jalannya gerakan pangan murah, Selasa (30/7).

Ia mengaku gerakan pangan murah sudah dilaksanakan beberapa Minggu sebelumnya untuk membantu masyarakat mendapatkan bahan kebutuhan dan komoditi pasar dengan harga terjangkau.

“Salah satu tujuannya adalah menekan laju inflasi di Kota Ambon,” tegas Ririmasse.

Baca Juga: 431 TPS Masuk Zona Blank Spot

Gebrakan yang dilakukan Pemkot Ambon saat ini dirasakan cukup berdampak karena jumlah warga yang berbelanja cukup banyak.

Di pasar murah ini pemerintah menjual ikan sayur, cabai, tomat, bawang telur, minyak goreng, beras dan gula dengan harga relatif murah.

“Jadi kegiatan ini juga merupakan langkah dan tindak lanjut dari program Badan Pangan Nasional yang rutin setiap Minggu dengan membeli dari petani kemudian menjual kembali ke masyarakat,” ujar Ririmasse.

Lanjutnya, pangan murah juga melibatkan Dinas Perikanan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Untuk menghadirkan masyarakat di pangan murah, Pemkot Ambon dan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian juga mengumumkan lewat media sosial.

“Saya menghimbau agar masyarakat Kota Ambon untuk membeli, mendatangi giat ini pada lokasi yang sama setiap Selasa. Dengan begitu inflasi di Kota Ambon semakin terkendali dan warga sejahtera,” tandasnya.

Untuk ketahui pangan murah petama kali digelar Pemkot Ambon pada 11 juli lalu dengan tujuan menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan bagi masyarakat.

bahan pangan yang dijual antara lain beras premium Rp 55 ribu/5 Kg, Beras Kita Premium Rp 60 ribu/5 kg, Telur Ayam Rp 60 ribu/rak, Minyak Goreng Rp 14 ribu/liter, Gula Pasir Rp 16 ribu/kg.

Kemudian Bawang Merah Rp 25 ribu/Kg, Bawang Putih Rp 25 ribu/Kg, Tomat Rp 25 ribu/Kg, Sayur Sawi, Bayam, Kangkung Rp 6 ribu/Kg, Cabe Keriting Rp 35 ribu/kg, Cabe Rawit Rp 30 ribu/Kg dan ikan kembung Rp 15 ribu/kg. (S-09)