AMBON, Siwalimanews – Plt Sekretaris Kota  Ambon Roby Sapulette mengungkapkan untuk meningkatkan minat baca para siswa, maka perlu adanya pengelolaan perpustakaan yang baik di setiap sekolah.

Pasalnya, minat baca para pelajar di Kota Ambon dan secara luas di Indonesia masih relatif rendah.

“Pengelolaan perpustakaan sekolah sangat penting, sehingga bisa mendorong minat baca para pelajar sejak duduk dibangku SD,” tandas Sapulette kepada wartawan usai membuka bimtek pembinaan perpustakaan pada status pendidikan dasar di salah satu hotel di Kota Ambon, Rabu (9/10)

Menurut Sapulette, pengelolaan perpustakaan yang baik, harus memenuhi standar akreditasi. Tidak hanya itu, perpustakaan juga harus dimaksimalkan dengan baik oleh para guru, sehingga kehadiran perpustakaan selain menjadi tempat untuk mencari referensi dari tugas-tugas yang diberikan, juga membuat para siswa menjadi betah dan merasa nyaman ketika berada di perpustakaan.

“Ini dikarenakan minat baca di Indonesia itu masih relatif rendah, jika dibandingkan dengan negara di Asia tenggara lainnya.  Jadi kita harus maksimalkan perpustakaan dengan baik,” tandas Sapulette.

Baca Juga: Bertemu Lewerissa, Warga Kusu-Kusu Keluhkan Masalah Jalan dan Air Bersih

Untuk itu kata Sapulette, peran dari kepala sekolah,dewan guru sangat diperlukan dalam mengelola perpustakaan sekolah, yang mana Sapulette berharap, perpustakaan bisa menjadi tempat yang nyaman bagi para murid untuk membaca.

“Peran para guru sangat penting untuk membuat sampai bagaimana siswa itu mempunyai minat baca yang baik. Peran orang tua juga diperlukan dalam hal ini. Jadi saya berharap dengan bimbingan teknis ini, para guru bisa memaksimalkan apa yang nanti diperoleh dari kegiatan ini untuk diimplementasikan di sekolah. Para guru juga harus bisa mengimbau orang tua untuk meningkatkan minat baca para generasi muda di Kota Ambon,” jelas Sapulette.(S-29)