SEKRETARIS Daerah Maluku Tengah, Rakib Sahubawa, mewakili Penjabat Bupati Maluku Tengah bertindak sebagai Inspektur Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 yang digelar di Lapangan Upacara Kantor Bupati Maluku Tengah, Kamis (1/6).

Sahubawa menegaskan peringatan hari lahir Pancasila merupakan momentum untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia.

“Kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat,” ujar Sekda.

Sahubawa mengapresiasi terlaksananya upacara peringatan hari lahirnya Pancasila di bumi Pamahanu-Nusa itu. Karenanya diharapkan dapat memupuk rasa cinta tanah air serta membagun kebersamaan bagi seluruh anak bangsa di wilayah Malteng.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan upacara ini, rasa kebersamaan, rasa persatuan, jalinan silahturahmi dan rasa cinta terhadap tanah air dapat dijaga dan dipelihara selamanya,” jelasnya.

Baca Juga: Bupati Ingin MBD Jadi Tujuan Wisatawan

Dikatakan, keberagaman yang ada di Indonesia secara alami dan kultural bisa dikelola dan dikembangkan untuk membangun tamansari kebudayaan dan memungkinkan semua makhluk hidup tumbuh sesuai dengan ekosistem yang sehat, karena Indonesia untuk kita semua dan Pancasila adalah rumah kita semua.

“Ini menjadi sebuah keyakinan dan pendirian yang harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Itu semua ada di dalam Pancasila,” ungkapnya.

Dalam kaitan ini diperlukan kreatifitas, inovasi untuk meman­faatkan berbagai platform digital untuk menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila kepada anak, remaja dan generasi muda.

“Kita semua terpanggil untuk membentuk generasi yang pancasilais di tengah berbagai tantangan dan ancaman yang kita hadapi sebagai bangsa. Dengan adanya generasi yang tanggu maka bangsa ini makin kuat dan makin tumbuh menjadi bangsa yang maju dan sejahtera,” ucapnya.

Menutup sambutannya Sekda Rakib Sahubawa menegaskan, refleksi kebangsaan yang disampaikan saat itu, Kiranya, tetap menjadikan Pancasila sebagai dasar dan Ideologi bangsa serta bintang pengarah menuju Indonesia yang maju dan jaya. (S-17)