AMBON, Siwalimanews – Keluar dari rumah pribadinya yang berokasi di Dusun Toisapu, Negeri Hutumuri, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon, Kamis (29/8), Bakal Calon Walikota Ambon, Agus Ririmasse menuju rumah tua keluarga Sameaputty.

Diketahui, di rumah tua yang masih berlokasi di Hutumuri ini, Ririmasse “putus pusa” dan sempat menghabiskan masa kecilnya.

Disini rumah tua itu juga Ririmasse didoakan bersama keluarganya.

Dari pantauan Siwalima, Ririmasse yang diarak ratusan massa pendukung menggunakan puluhan mobil dan sepeda motor, usai dari rumah tua, kemudian menjalani prosesi masuk Rumah Adat Hutumuri yang disebut Baileo Suluamin dan diterima oleh Tuan Tanah Hutumuri.

Selanjutnya, didampingi pimpinan partai koalisi, bersama keluarga, massa pendukung dan simpatisan, Ririmasse melakukan perjalanan dengan melewati 8 Negeri Adat di Kecamatan Leitimur Selatan. Dalam perjalanan itu, Ririmas­se juga disambut oleh masyarakat Negeri Leahari dan Naku.

Baca Juga: Terakhir Daftar di KPU, JAR & MK Janji Urus Rakyat

Rute selanjutnya, Ririmasse dan rombongan menuju Negeri Soya, Kecamatan Sirimau, Ambon.

Di Soya, pasangan Agus Ririmasse dan Muhammad Novan Liem (AMAN) bertemu dan bersama-sama didoakan di Rumah Raja Negeri Soya.

Di rumah Raja, pasangan AMAN di­sambut mantan Raja Negeri Soya Ridho Rehatta dan Raja Negeri Soya, Hervie Rehatta.

Dalam sekapur sirihnya, Ridho Re­hatta berharap tempat kapur siri Negeri Soya, akan digunakan dalam prosesi pelantikan pasangan AMAN nantinya.

“Ini tempat kapur siri, semoga dapat digunakan saatnya nanti oleh Pasangan Agus Ririmasse dan Novan Liem sebagai Walikota dan Wakil Walikota Ambon periode 2024-2029 untuk majukan Ambon yang lebih baik,”harap Rehatta.

Usai itu, pasangan AMAN sebelum menuju Kantor KPU Kota Ambon yang berlokasi di Negeri Passo, melintasi kawasan Batu Meja-Urimessing-Pohon Pule-Batu Gantung-Talake-Waihaong dan Silale untuk selanjutnya menuju kawasan Gong Perdamaian.

Dilokasi Gong, Paslon AMAN disambut massa pendukung untuk selanjutnya menuju Negeri Batu Merah dan didoa­kan di Masjid Tua oleh Imam Masjid.

Di Batu Merah, pasangan AMAN disambut ratusan warga Batu Merah.

Diketahui, Batu Merah merupakan negeri asal dari Balon Walikota Ambon, Muhammad Novan Liem. Di Negeri ini, Novan Liem lahir dan dibesarkan.

Usai itu, pasangan AMAN dan rombongan arak-arakkan menuju Kantor KPU untuk mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Walikota-Wakil Walikota Ambon periode 2024-2029.

Usai dari kantor KPU, pasangan AMAN dan rombongan kembali ke kediaman­nya di Toisapu untuk melakukan doa syukur atas prosesi yang telah dilakukan. (S-25)