AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kota Ambon, Edi­son Sarimanella mendesak Pe­merintah Kota Ambon melalui Dinas Kesehatan untuk terus melakukan fogging guna me­nekan angka penyebaran de­mam berdarah dengue (DBD).

Desakan ini disampaikan la­ng­sung Sarimanella menang­gapi naiknya angka penyebaran virus DBD di Kota Ambon yang belakangan mengalami kenaikan signifikan.

“Selaku wakil rakyat dapil Kota Ambon, saya ingin mendesak Di­nas Kesehatan Kota Ambon untuk gencar melakukan fogging di ling­kungan masyarakat,” ujar Sari­manella kepada Siwalima Senin (28/6), melalui telepon selulernya.

Meningkatnya kasus DBB di Kota Ambon akhir-akhir ini tidak bisa dipandang dengan sebelah mata, tetapi harus diikuti dengan langkah cepat, salah satunya melakukan voging pada lingkungan warga.

Secara khusus pada daerah-daerah yang berdasarkan hasil assessment Dinas Kesehatan me­rupakan daerah dengan jumlah kasus DBD terbanyak, maka daerah-daerah tersebut harus menjadi fokus penanganan cepat dari Dinkes.

Baca Juga: Intesitas Hujan Tinggi, BMKG Imbau Masyarakat Waspada

“Fogging itu kan langkah cepat juga untuk membunuh nyamuk pembawa DBD, maka untuk daerah-daerah yang berdasarkan hasil assessment itu menyum­bang kasus terbanyak itu yang harus jadi prioritas,” harap Sari­manella.

Dinkes kata Sarimanella tidak boleh lengah dengan hanya me­lakukan sosialisasi kepada mas­yarakat saja, melainkan harus melakukan langkah cepat dan terukur sehingga dapat menekan penyebaran DBD di Kota Ambon.

Apalagi Kota Ambon saat ini berada dalam kondisi curah hujan yang begitu tinggi yang me­nyebabkan nyamuk dapat berkembangbiak dengan cepat dan membawah masalah besar ditengah upaya Pemkot menekan penyebaran Covid-19 yang ikut naik akhir-akhir ini.

Dalam kesempatan ini, Sarimanella juga meminta masyarakat secara mandiri untuk melakukan pembersihan terhadap lingkungan tempat tinggal agar terhindar dari nyamuk pembawa DBD. (S-50)