Penjabat Walikota Ambon, Dominggus Kaya, melantik Robby Sapulette sebagai Penjabat Sekretaris Kota Ambon, Jumat (27/9).

Kaya dalam sambutannya menjelaskan, alasan Robby Sapulete dipilih karena cakap dan layak untuk di angkat sebagai Penjabat Sekertaris Kota Ambon.

Diakui, Sapulette yang paling layak untuk mendampingi dirinya melaksanakan tugas- tugas kedepan.

Menurutnya, masa tugas sebagai penjabat Sekretaris Kota Ambon adalah tiga bulan atau hingga Penjabat Sekretaris Kota Ambon definitif dilantik.

“Masa kerjanya tiga bulan, itu sesuai aturan yang berlaku, jadi kalau sudah ada yang definitif maka dengan sendirinya jabatan Penjabat Sekkot aka berakhir,” jelas Kaya.

Baca Juga: Pemkab Malteng Sambut Hangat Kunker Kabinda Maluku

Dominggus mengaku, banyak tugas yang akan dilaksanakan oleh Pj Sekkot Ambon ke depan pasca dilantik.

“Jadi tugas- tugas kita sama-sama dengan penjabat Sekkot akan cukup banyak seperti tadi diuraikan, banyak kerja yang harus kita selesaikan untuk pemerintah kota Ambon yang lebih baik,” ujarnya.

Proses pelantikan Penjabat Sekot Ambon. kata dia, telah melalui sejumlah langkah dan aturan yang berlaku.

“Saya sudah berkoordinasi dengan kementrian dalam negeri dan konsultasi Ke Pak gubernur dan pak gubernur mengirimkan surat persetujuan, sehingga kita bisa melantik hari ini,” katanya.

Sejumlah tugas menanti Penjabat Sekretaris Kota Ambon, Robby Sapulete pasca dilantik oleh Penjabat Walikota Ambon Dominggus Kaya.

Sementara itu, Sekretaris Kota Ambon, Robby Sapulete menga­ta­kan, setelah dilantik dirinya akan melakukan konsolidasi dengan seluruh jajaran birokrasi Pemkot Ambon dan ini menjadi agenda pertama yang akan dilakukan pasca menjabat sebagai penjabat Sekretaris Kota Ambon.

Selanjutnya kata Robby adalah persiapan pelaksanaan Pilkada 2024 untuk Walikota dan wakil Walikota Ambon. “Selain itu bagaimana mengendalikan inflasi daerah dan juga terkait penurunan angka stunting,”kata Robby Sapulete kepada wartawan di Balai Kota Ambon.

dalam waktu singkat juga akan dilakukan persiapan penyusunan APBD 2025. “Dan bagaimana penyelesaian seleksi CPNS dan PPPK yang akan di laksanakan di waktu yang akan datang dan sangat singkat sekali di tahun 2024 ini,”ungkapnya.

Dirinya berharap, dengan Konsolidasi dengan berbagai pihak, tugas -tugas yang diemban dapat terselesaikan.

Sebelum dilantik sebagai Penjabat Sekkot Ambon, Robby Sapulete sebelumnya ditunjuk sebagai Plh. Sekretaris Kota Ambon dan dirinya juga Mantan Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon (S-29)