AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Dominggus Kaya, menunjuk Robby Sapulette sebagai Pelaksana harian Sekretaris Kota Ambon menggantikan Agus Ririmase.

Sapulette diumumkan sebagai Plh Sekot dalam apel pagi bersama ASN di halaman parkir Balai Kota, Senin (9/9).

Pj Walikota dalam apel itu mengatak, penunjukan Sapulette sebagai Plh Sekot telah melewati berbagai pertimbangan yang matang serta pengamatannya selama ini.

“Saya mendapat aspirasi dari banyak pihak, masukan dari banyak pihak, tetapi juga saya punya pengamatan selama ini, tentu saja siapapun juga pemimpin pasti membutuhkan pendamping yang punya kapasitas dan kopetensi dan sejalan dengan saya. Itulah yang menjadi pertimbangan saya,” ucap walikota.

Kedepannya kata walikota, Sapulette akan menjalani tugas sebagai Plh Sekot sesuai aturan, yakni selama 15 hari kerja, sampai nanti pada waktunya ia akan mengusulkan nama Penjabat Sekot kepada gubernur.

Baca Juga: Polisi Gelar Perkara Laka Lantas Maut di Buru

“Kalau aturannya itu Plh 15 hari. Nanti diperpanjang lagi sesuai kebutuhan,” tandas walikota.

Pengusulan Pj Sekot akan dilakukan setelah tanggal 22 September, yang mana menunggu Agus Ririmase diberhentikan dan kemudian 5 hari setelah itu, barulah ia mengusulkan satu nama ke gubernur untuk mendapatkan rekomendasi persetujuan, dan selanjutnya dibuat SK untuk dilantik.

“Kita tunggu sampai 22 September ketika pak Agus diberhentikan secara resmi, terhitung sejak ditetapkan sebagai calon walikota, maka disitu kita akan mengusulkan Pj Sekot. Aturannya bilang sejak terhitung berhenti 5 hari, diberi waktu kepada kepala daerah untuk mengusulkan kepada gubernur 1 nama untuk mendapatkan persetujuan dari gubernur sebagai Pj Sekot, maka kita menetapkan SK dan dilantik sebagai Pj, “tutur walikota.

Walikota berharap, kedepan Sapulette dapat menjalankan amanah yang diberikan dengan baik serta saling mengisi dan menopang.

Sementara itu Sapulette usai apel pagi, menyampaikan terima kasih karena telah memberikan tugas sebagai Plh Sekot kepada Dirinya. Yang pasti, amanah yang diberikan tentu akan dikerjakan dengan maksimal.

“Saya ucapkan terimakasih kepada pak Pj Walikota yang sudah memberikan kepercayaan dan amanah kepada saya  untuk  membantu beliau dalam massa transisi ini,” ucap Sapulette.

Sapulette yang juga menjabat sebagai Asisten III Pemkot Ambon ini, menyatakan kesiapannya dalam menjalankan tugas guna mendukung berbagai program kerja Pj walikota.

“Bagimana  mensukseskan program-program  kerja  prioritas dari pak Pj walikota dalam masa kepemimpinannya sampai dengan nantinya ada walikota terpilih yang baru hasil pilkada tahun 2024 yang akan datang. Program-program kerja walikota yang telah dicanangkan dan kewajiban kami untuk mendukung, khususnya mensukseskan pelaksanaan pilkada yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 yang akan datang nanti,” tandas Sapulette.

Untuk mendukung hal itu kata Sapulette, maka netralitas ASN harus dijaga, meski semua orang memiliki hak politik, tetapi yang paling penting ialah ASN tidak boleh terlibat dalam politik praktis.

“Bagaimana menjaga netralitas ASN di Pemkot Ambon, yang paling penting, bahwa jangan sampai ada politik praktis  yang diterapkan di dalam. Tidak boleh ada politik praktis supaya kita jaga stabilitas pemerintahan ini agar berjalan dengan baik,” tutur Sapulette.(S-29)