AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kabupaten Maluku Barat Daya dan KKT Melkianus Sairdekut, mendesak pemda MBD maupun provinsi untuk memperhatikan masyarakat korban gempa Damer.

Desakan ini disampaikan Sairdekut kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (20/12), merespon kejadian gempa bumi yang melanda Pulau Damer dan sekitarnya beberapa waktu lalu.

Pemda MBD maupun provinsi kata Sairdekut, harus tetap melakukan tindakan antisipasi dan mitigasi bagi masyarakat korban gempa di Pulau Damer dan sekitarnya. Pasalnya, sampai dengan saat ini masyarakat masih ketakutan dengan kondisi yang ada.

Apalagi, menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 yang akan dirayakan oleh masyarakat, maka tindakan nyata dari pemda harus segera dilakukan, agar masyarakat tidak merasa khawatir dengan kondisi yang terjadi belakangan ini.

“Pemda Maluku dan MBD harus tetap melakukan tindakan antisipasi dan mitigasi bagi saudara kita di Damer, apalagi menjelang Natal dan Tahun Baru,” tandas Sairdekut.

Baca Juga: TP PKK Buru Sosialisasi Stunting di Desa Wasbaka

Menurutnya, negara melalui organ pemerintahan ditingkat daerah harus hadir, dalam rangka memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang terdampak gempa, termasuk dengan mengantisipasi, jika terjadi bencana susulan yang memang masih terjadi walaupun dengan intensitas kecil.

Langkah utama yang harus dilakukan yakni, dengan menyediakan sumber daya untuk melakukan tanggap darurat, dan mitigasi agar tidak menimbulkan korban jiwa yang lebih banyak jika tidak diantisipasi.

“Sebagai pimpinan dewan, kita tetap mendorong pemda melakukan mitigasi dan antisipasi, agar suasana Natal dan Tahun Baru ini dapat dirasakan dengan baik oleh masyarakat Damer dan sekitarnya,” tutupnya. (S-50)