PEJABAT Bupati Maluku Tengah menyebutkan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibra) sebagau panggilan kebangsaan yang tergolong langka. Sebab tidak semua orang memiliki kesempatannya untuk berada dalam pasukan pengibar bendera pusaka.

“Paskibraka adalah panggilan kebangsaan yang langka. Tidak semua orang bisa ada di sini seperti adik-adik untuk menjalankan tugas mulia ini. Kalian adalah, putra putri terbaik Kabupaten Maluku Tengah dan kader pemimpin bangsa. Ingatlah bahwa nilai yang ditanamkan dalam Paskibraka adalah untuk membangun etika dalam sebuah kebersamaan, kekompakan, kerja sama”Tandas Sahubawa dalam sambutannya yang dibacakan PJ Sekda Malteng, Jauhari Tuarita saat membuka acara penyerahan dan Diklat Paskibra Malteng yang berlangsung di salah satu hotel di Masohi, Rabu (31/7).

Sahubawa pun mengapresiasi komitmen dan kerja keras para pihak yang yang telah berkontribusi untuk melakukan seleksi ketat peserta paskibra di bumi Pamahanu-Nusa itu.

“Atas nama Pemerintah Daerah, saya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi mulai dari seleksi peserta secara ketat sampai kepada penyerahan Calon Paskibraka ini ke Pelatih, sehingga semua bisa berjalan sesuai apa yang kita harapkan,” Tandasnya.

Dikatakan  Paskibraka terdiri dari pemuda pemudi bukan orang tua, bukan pula anak-anak, karena di tangan generasi muda berdedikasi tinggi, cerdas dan berakhlak mulialah Indonesia meletakan harapan untuk maju menuju Indonesia Emas 2045.

Baca Juga: Memenuhi Bapok, Pemda dan Bulog Jalin Kerja Sama

“Kepada anak-anak kami Calon Paskibraka Kabupaten Maluku Tengah, Kalian adalah putra-putri terbaik yang telah terpilih melalui proses seleksi yang ketat. Kepercayaan ini harus dijaga dengan baik dan dijadikan motivasi untuk terus berprestasi, baik dalam tugas pengibaran bendera maupun dalam kehidupan sehari-hari”

“Kalian harus mampu menjadi teladan bagi generasi muda lainnya, harus mampu memberikan energi positif dalam membangun bangsa yang kita cintai. Perlu kalian ingat bahwa tugas yang diemban calon Paskibraka bukanlah tugas yang ringan, sehingga membutuhkan dedikasi, kerja keras dan komitmen yang tinggi dari setiap calon Paskibraka.”tambahnya.

Pj bupati berharap para calonanghota paskibra Malteng dapat mengikuti semua proses latihan dan pendiduka yang ada dengan dengan penuh keseriusan.

“Ikutilah pendidikan dan latihan bagi Anggota Paskibaraka ini dengan penuh tanggung jawab, disiplin, keseriusan dan semangat kebangsaan yang tinggi. Saya yakin kalian akan mampu menjalankan tugas dengan baik dan sukses.  atas nama Pemerintah Daerah, saya juga menyampaikan terima kasih kepada para Tim Pelatih dari unsur TNI/POLRI yang akan melatih tim Paskibraka Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2024. Saya menitipkan putra putri terbaik Kabupaten Maluku Tengah ke tangan saudara-saudara. Latih dan bimbinglah mereka, baik secara fisik maupun mental dan spiritual untuk memiliki karakter yang lebih baik. Tanamkan disiplin, bagikan pengalaman yang saudara miliki untuk menyukses­kan upacara HUT RI ke-79 nanti,” tutup Sahubawa.(S-17)