AMBON, Siwalimanews – Pembahasan APBD Perubahan tahun anggaran 2024 molor karena Penjabat Gubernur Sadli Ie tidak hadir.

Sadli saat ini masih mendampingi kontingen Maluku yang berlaga di PON XXII Sumatera Utara-Aceh dan MTQ Nasional di Samarinda.

“Mestinya melakukan pemba­hasan KUA-PPAS APBD Perubahan pada hari ini namun karena Penjabat Gubernur masih berada di luar daerah maka pembahasannya diundur,” kata Ketua DPRD Maluku Benhur Watubun kepada Siwalima di   Baileo Rakyat Karang Panjang, Senin (9/9).

Lanjut Benhur, berdasarkan aturan pemahaman KUA-PPAS APBD Perubahan akan dilakukan Badan Anggaran bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah.

DPRD Maluku juga telah menargetkan akan menyelesaikan pembahasan APBD Perubahan tahun 2024 sampai dengan pekan depan sekaligus ditetapkan.

Baca Juga: Bantu Kebutuhan Obat RS Haulussy, Pemprov Alokasi 5 M

“Selasa besok setelah Penjabat Gubernur kembali dari PON dan MTQ, KUA-PPAS APBD Perubahan ini sudah bagus dibahas dan kita tetapkan,” terangnya.

Menurutnya, walaupun pem­bahasan nanti dipercepat namun DPRD melalui Bangar tetap me­ngedepankan aturan dan mekanisme pembahasan APBD Perubahan.

Hal ini dilakukan mengingat anggota DPRD periode 2019-2024 akan berakhir masa jabatan pada 16 September nanti sehingga harus segera dituntaskan.

Selain itu, jika APBD perubahan cepat ditetapkan maka akan mempermudah  untuk menjalankan program dan kegiatan di peng­hujung tahun anggaran 2024.

“Kita ingin sebelum selesai masa jabatan ini APBD perubahan sudah kita tetap, sehingga tidak ada hutang bagi anggota periode mendatang,” pungkasnya.

Ia berharap kepala pimpinan OPD tidak meninggalkan tempat selama pembahasan APBD Perubahan, agar mempermudah proses pembahasan dan penetapan.(S-20)