AMBON, Siwalimanews – Pemeriksaan kesehatan Bakal Pasangan Calon Bupati- Wakil Bupati dan Walikota-Wakil Walikota yang dilakukan oleh RSUP. dr. Johannes Leimena, boleh berakhir dengan baik pada Minggu (1/9).

Diketahui, RSUP. dr. Johannes Leimena sendiri kebagian 22 Bakal Pasangan Calon Kepala Daerah-Wakil Kepala Daerah dari 6 Kabupaten/Kota di Maluku, yakni Kota Ambon, Kota Tual, SBB, Buru, Malra dan Kabupaten Kepulauan Aru.

Pemeriksaan kesehatan dimulai sejak tanggal 27 Agustus hingga 1 Septembet 2024 kemarin.

Dan direncanakan Rabu (4/9) besok, pihak RSUP. dr. Johannes Leimena akan menyerahlan hasil pemeriksaan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dri 6 Kabupaten/Kota tersebut.

“Terkait rencana penyerahan hasil pleno tim pemeriksa kesehetan Bakal Pasangan Calon Kepala Daerah-Wakil Kepala Daerah oleh RSUP. dr. Johannes Leimena Ambon sesuai dengan tahapn, hari Senin kemarin sudah selesai kami pleno yang dihadiri para Tim Penilai yang merupakan teman-teman dokter spesialis dan dihadiri langsung oleh Direksi, dalam hal ini Direktur Utama bersama 3 Direktur Teknis lengkap dan telah kami selesaikan keseluruhan rangkaian rapat pleno,”tutur Ketua Tim Pemeriksa Kesehatan Bakal Pasangan Calon Kepala Daerah-Wakil Kepala Daerah RSUP. dr. Johannes Leimena, dr. Saleh Tualeka, kepada Siwalima, via telepon selulernya, Selasa (3/9).

Baca Juga: Lusa, KPU Umumkan Hasil Pemeriksaan Calkada

Dia mengaku, dalam pleno kemarin, secara teknis, temuan hasil pemeriksaan memang-masing Bakal Pasangan Calon, diputar kembali  dan Alhamdulillah telah dirampung­kan dan tidak ada perdebatan yang berarti oleh tim penilai.

“Artinya, temuan-temuan kliniks yang ditemukan kemarin, sudah saling dikroscek dengan tim penilai, dan sesuai rencana, Rabu besok akan dilakukan  penyerahan hasil­-nya secara keseluruhan yang akan berlangsung di RSUP Leimena, dan penyerahannya langsung oleh  oleh Direktur Utama RSUP. dr. Johannes Leimena kepada 6 KPU kabupaten/kota dimaksud,” jelasnya.

Lanjut Pleno

RSUD dr M Haulussy akhirnya menyelesaikan seluruh tahapan pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati.

Tercatat sebanyak 20 bakal pasangan calon kepala daerah diperiksa selama tiga di RSUD Haulussy dengan melibatkan 20 tenaganya dokter spesialis.

“Kita telah melakukan pemeriksaan kesehatan sebanyak 20 bakal pasangan calon kepala daerah yang melakukan MoU dengan RSUD Haulussy. Terakhir tadi malam sampaikan jam 22.00 WIT sembilan pasangan,” ujar Sekretaris RSUD Haulussy Fatum Pulhehe kepada Siwalima, melalui telepon selulernya, Selasa (3/9).

Dijelaskan sejak awal, pemeriksaan kesehatan terhadap bakal pasangan calon berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala, namun terjadi sedikit masalah di hari terakhir pemeriksaan kesehatan.

Persoalan terjadi terkait alat treadmill jantung mengalami gangguan dan membutuhkan waktu untuk menangani persoalan tersebut. “Karena alat treadmillnya itu gangguan maka direktur memutuskan melakukan kerja sama dengan RSUP Leimena khusus untuk treadmill saja sedangkan MMPI semuanya di RSUD Haulussy. Jadi sudah tuntas semua,” tegasnya.

Pulhehe memastikan RSUD Haulussy hari ini akan melakukan pleno hasil pemeriksaan untuk menentukan bakal pasangan calon mampu atau tidak untuk memenuhi syarat calon. “Hari ini tim dokter pemeriksa akan pleno dan besok itu kita pleno dengan KPU Maluku maupun empat kabupaten lainnya,” jelasnya. (S-25/S-20)