AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Maluku Rovik Akbar Afifuddin mengaku, Komisi IV telah intensif melakukan pengawasan terhadap semua program dan kegiatan yang dibelanjakan dengan APBD dan APBN termasuk didalamnya Dana Alokasi Khusus bidang Pendidikan.

Untuk di Kabupaten Aru dalam pengawasan komisi I tahap I diketahui realisasi DAK Pendidikan khususnya di Aru telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan perencanaan.

“Komisi sudah melihat langsung realisasi DAK bidang pendidikan di Kabupaten Aru dan sudah berjalan cukup baik,” ucap Rovik kepada wartawan di Ambon, Sabtu (11/3) usai melakukan kunjungan pengawasan di kabupaten tersebut.

Ia mengaku, Komisi IV sejak awal telah memberikan perhatian yang penuh terhadap penggunaan DAK Pendidikan mulai dari kontrak hingga pengerjaan proyek dengan tujuan agar dana yang diberikan pemerintah pusat tersebut dapat gunakan tepat sasaran dan tidak terjadi persoalan seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Contoh salah satu SMK di Benjina yang kita lihat secara langsung pengadaan moubiler kursi dan meja langsung diganti dengan kualitas yang terbaik, artinya semua masukan telah ditindaklanjuti dengan baik,” ucap Rovik.

Baca Juga: TNI AU Sosialisasi Pemberdyaan Potensi Wilayah Udara di Tanimbar

Kendati hasil pengawasan sudah cukup baik, namun, Rovik memastikan setelah tahapan pengawasan dilakukan di lima kabupaten/kota maka komisi akan melakukan evaluasi bersama dengan mitra, sehingga kedepannya realisasi anggaran dapat berjalan lebih baik lagi.(S-20)