AMBON, Siwalimanews – Memastikan diri bertarung di pemilihan walikota dan wakil walikota ambon periode 2024-2024, Sekot Ambon Agus Ririmasse telah mengajukan surat pengunduran diri.

“Masih tunggu surat pertim­bangan teknis dari Badan Kepega­waian Negara perihal pemberhentian dari jabatan sebagai ASN,” ujar Ririmasse kepada wartawan usai doa bersama jelang HUT ke-449 di Gedung Ashari, Senin (2/9).

Ia menjelaskan surat pengun­duran dirinya telah dilayangkan sejak 25 Agustus lalu, namun tidak serta merta ia harus berhenti dari jabatannya saat ini.

“Memang saya sudah ajukan surat pengunduran sebagai ASN tetapi tidak serta merta mundur langsung saya harus mundur yah. Tapi masih menunggu pertimbangan teknis dari BKN,” terangnya.

Diakui bahwa proses untuk mendapatkan surat dari BKN itu tidak mudah karena yang melakukan hal yang sama ketika pilkada itu jumlahnya cukup banyak.

Untuk itu selama belum menda­patkan surat resmi dari BKN, ia tetap melaksanakan tugas sebagai abdi negara.

“Dalam surat keterangan penjabat walikota yang ditandatangani oleh kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Ambon, saya tetap melak­sanakan tugas sebagai Sekot sampai surat dari BKN keluar.

Ia juga mengaku dirinya juga telah mengajukan cuti diluar tanggungan negara dan telah disetujui oleh BKN.

“Saya juga sudah ajukan cuti dan tidak masuk kantor nanti pada 8 September sampai 22 September. Pada saat surat saya keluar dari BKN untuk saya berhenti dari ASN, maka otomatis jabatan Sekretaris Kota akan ditinggalkan,” tandasnya.

Ia menambahkan, setelah jabatan sekot kosong, maka penjabat walikota akan menunjuk pelaksana harian sekot.

“Nanti tanggal 8 pak penjabat akan menunjuk pelaksana harian sekot yang baru,” tutupnya.

Untuk diketahui, Agus Ririmasse resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon walikota berpasangan dengan bakal calon walikota ambon Muhammad Novan Liem.

Keduanya diusung oleh Partai Amanat Nasional, Partai Demokrat dan Partai Hanura. (S-29)