AMBON, Siwalimanews – Warga Kabupaten Kepulauan Tanimbar, memadati kampanye  Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Jeffry Apoly Rahawarin-Abdul Mukti Keliobas. Sejumlah desa di Kabu­paten Kepulauan Tanimbar disasar mantan Pangdam XVI Pattimura ini.

Bahkan di Seira, 90 persen warga menyatakan duku­ngan memenangkan JAR-AMK.

JAR saat kampanye di Ge­dung Natar Kaumpu, Desa Olilit Barat, Kecamatan Ta­nimbar Selatan, Saumlaki, Kepulauan Tanimbar, Ming­gu (13/10) mengungkapkan, akan mekarkan Tanimbar Utara menjadi kabupaten baru jika dirinya menjadi Gubernur Maluku.

“Visi dan misi beta dan Pak Mukti Keliobas ialah “Menjadikan Maluku seba­gai rumah besar yang se­jahtera”. Bagi kami kenapa harus rumah besar yang sejahtera, karena visi misi yang ditawarkan harus me­nyentuh dan dengan seder­hana mudah dipahami oleh masyarakat. Satu hal yang pasti akan digapai dan bisa dilakukan,” katanya

Pensiunan jenderal bin­tang tiga itu mengung­kap­kan, sebagai orang Tenggara Raya, dirinya cukup punya pemahaman tentang peme­rintahan bahkan sangat me­ngerti soal infrastruktur ketika berada di Kementerian Polhu­kam.

Baca Juga: KPU Libatkan 12 Akademisi Rumus Materi Debat

Dengan hal itu dirinya memastikan ada solusi nyata yang akan dirinya dan Mukti Keliobas penuhi kepada masyarakat Maluku dan juga Te­nggara Raya.

“Jika Tuhan sayang dan harus jadi gubernur pertama orang tenggara, maka akan ada gubernur lainnya dan juga pangdam lainnya yang meru­pakan orang Tenggara Raya.

Saya termasuk orang Tenggara yang ada di Pemerintahan Pusat. Saya ada di dua kementerian Polhu­kam dan Mendagri, jadi saya sangat tahu solusi masalah pemerintahan dalam negeri dan tahu jawaban ma­salah terkait infrastruktur,” ujarnya.

Jika Tuhan berkehendak tambah JAR, maka dirinya mengingkan ada pemekaran Tanimbar Utara menjadi kabupaten baru.

“Bagi kami kenapa tidak. Itu harus ada tetapi ada aturan moratorium oleh Pemerintah Pusat dan ketika dibuka, saya orang pertama meme­karkan Tanimbar Utara jadi Ka­bupaten Baru jika kepercayaan yang diberikan masyarakat Maluku dan juga Tenggara Raya untuk menjadi Gubernur Maluku, itu tekad saya,” tambahnya.

Menjadikan Maluku sebagai ru­mah besar yang sejahtera kata JAR, letak geografis Maluku sangat besar, ditambah Jumlah penduduk yang majemuk maka dirinya bersama wakilnya akan meletakan pemera­taan pembangunan di Maluku tanpa pilah.

“Kenapa rumah besar (Geografis) yang begitu besar dan jumlah pen­duduk yang majemuk tidak ada pilah-pilah. Tak ada pemerataan kue pem­bangunan di Maluku. Belum lagi angka kemiskinan. Kami JAR-AMK akan menurunkan angka kemiskinan di Tanimbar,” janjinya.

Dia mengungkapkan, mengapa bebarapa wilayah di Maluku masih menjadi miskin ekstrim, dan menjadi penunjang kemiskinan terbesar seperti KKT, MBD dan Aru. Sehi­ngga paslon nomor 1 akan berupaya jika menjadi Gubernur akan menurunkan angka kemiskinan.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa kita miskin ekstrim, bahkan kita penunjang kemiskinan terbesar di Maluku yakni KKT, MBD dan Aru. Kenapa kita miskin karena kemarin bukan orang kita yang jadi Gu­bernur,” ujarnya.

JAR menegaskan, jika dirinya menjadi gubernur, maka kue pembangunan itu harus dirasakan oleh semua masyarakat Maluku. dan bukan pada wilayah tertentu saja.

Selain itu, lanjut JAR, solusi untuk mengatasi kemiskinan yaitu, dengan menerapkan berbagai proram unggulan salah satunya adalah rumput laut.

“Ke depan untuk menjawab itu, kita harus punya pabrik sendiri guna berdayakan petani- petani rumput laut di Maluku,” tandasnya.

Pendukung All Out

Sementara itu Ketua Tim Peme­nang JAR-AMK di Tanimbar, Poli Werembinan dalam orasi politiknya menegaskan, tim pemenang yang diisi sejumlah partai pengusung akan memenangkan JAR – AMK di Tanimbar.

Apapun yang menghadang tim akan lawan demi memenangkan JAR-AMK sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku 2024-2029.

“Tim pemenangan telah sepakat apapun tantangan dan rintangan akan dilakukan dalam pertarungan memenangkan JAR-AMK sebagai pimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur di Maluku,” kata Poli.

Kata Poli, JAR sendiri berasal Maluku Tenggara Raya, dan Ta­nimbar adalah bagian dari rumah besar Tenggara Raya. Dirinya me­mastikan tidak akan berpaling ke yang lain karena Tanimbar akan buat sejarah Putra Kei, Anak Tenggara Raya menjadi Gubernur Maluku.

“Sebagai mantan TNI yang punya strategi kuat bersama pak JAR kami akan memenangkan pertarungan ini. Jangan anda ragu, Karena keme­nangan sudah ada ditangan kita,” pintanya.

Poli mengajak masyarakat untuk jangan ragu memilih paslon Guber­nur dan Wakil Gubernur Maluku nomor urut 1.

Dia jamin kemiskinan ekstrim di Maluku akan diperangi oleh JAR dengan strategi jitu termasuk pe­ngangguran di Maluku.

“Beliau punya strategi yang hebat dengan konsep bangun Maluku maju dan sejajar di segala lini.

Dirinya sangat yakin, jika JAR menjadi gubernur maka akan mem­berikan keadilan bagi masyarakat Maluku termasuk bagi Tanimbar.

“Tanimbar saat ini mendapat kue pembangunan kecil, tetapi saya yakin JAR jadi Gubernur keadilan itu akan dinikmati seluruh rakyat Maluku termasuk Tanimbar. Sekali lagi jangan ragu karena putra terbaik Tenggara Raya melalui dukungan kita akan menghantar JAR-AMK jadi Gubernur  Maluku,” sebutnya.

Hanura Siap

Senada deng Poli Werembinan, Plt Ketua DPD Hanura, Soleman Layan menjelaskan pilihan ke JAR- AMK karena kepercayaan kepada pemim­pin sebelumnya dikhianati.

“Kenapa Hanura pilih JAR karena Hanura jatuh cinta padanya. Ha­nura, PDI dan Nasdem 5 tahun lalu berkoalisi memenangkan Gubernur sebelumnya, namun dalam perja­lanan kita ditinggalkan. Kebun Maluku ini akan subur kalau ada pak Jeffry yang pimpin, dan kami yakin Lima tahun kedepan Kabupaten Kepulauan akan lebih menyala dari Kota Ambon dan JAR AMK akan mewujudkan pemekaran kabupaten ini,” yakinnya.

“Untuk diketahui, dari sebagian kabupaten yang akan dimekarkan salah satunya adalah Tanimbar. Mengakhiri orasi ini, saya meni­tipkan PAK Jefri,” ujar Layan.

Komitmen Nasdem

Ketua DPD Nasdem Tanimbar, Godlief Siletty bahwa Nasdem tak sembarangan memberikan rekomen­dasi kepada calon. Bahkan sebelum memberikan rekomendasi pihaknya sudah mengetahui bahwa JAR – AMK akan menjadi Gubernur Maluku 2024-2029.

“Kami Partai Nasdem tidak sem­barang berikan rekomendasi kepada calon, mengapa JAR, karena Nas­dem sudah tahu siapa Gubernur Maluku,” katanya.

10 tahun lalu ada kesenjangan pembangunan bagi orang Tanimbar. Hari ini JAR-AMK  Hadir untuk melihat orang Tanimbar. Untuk itu dirinya meminta masyarakat Teng­gara Raya bersama mendukung JAR-AMK menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku.

“Ini fakta kesenjangan pelayanan publik terhadap Tanimbar diabaikan. Program pembangunan juga sama, untung masih ada anggota DPRD dapil 7 kalau tidak maka sudah pasti sama sekali tak ada pembangunan di Tanimbar,” katanya.

Tiga Visi

Ketua PDIP Maluku Benhur George Watubun berharap seluruh masyarakat di pelosok Tanimbar tanggal 27 pilih JAR. Suarakan bah­wa sudah saatnya orang Tenggara Raya pimpin Tanimbar.

Lebih lanjut, Ketua DPRD 2024-2029 Maluku yang juga merupakan Ketua DPD PDI Perjuangan Maluku, Benhur George Watubun menye­butkan sekali menang JAR harus menjadi Gubernur.

Benhur bahkan menyentil perahu PDIP yang dipercayakan kepada sosok Gubernur sebelumnya namun dilupakan, bahkan kebun yang mestinya digarap bersama dinikmati sendiri.

“Saya tekankan, sekali maju harus menang dan harus jadi Gubernur. Kita pernah satu perahu, kita satu kebun tetapi hasil tidak bagus dan hasil sedikit, tapi tuan itu tidak bagi, dia makan sendiri saja. Untuk itu kita harus memastikan, katong janji katong jaga untuk pak Jefry,” pintanya.

Benhur menjelaskan, JAR-AMK ada tiga hal penting yang dibawah dalam visi dan misi yakni, kesehatan, pendidikan dan ekonomi.

“Ini penting bagi kita jika kita mau berkembang lebih maju. Selain itu JAR-AMK punya track record baik, dimana JAR pernah menjabat Pang­dam Pattimura dan AMK menjadi bupati dua periode,” kata Benhur.

Dia memastikan JAR-AMK men­jadi Gubernur dan Wakil Gubernur dengan slogan “beta janji beta jaga” karena dilihat dari visi misi besar hanya ada tiga hal saja yakni kese­hatan pendidikan dan ekonomi dari badan sehat kita cerdas dan tidak kenyang

Ditegaskan, pihaknya telah selek­si betul dengan melihat rekam jejak dari JAR-AMK, dimana Jeffry per­nah menjabat sebagai Pangdam XVI/Pattimura, duduk pada dua kementerian yakni Kementerian Polhukam dan Kementerian dalam negeri, bagitu juga Abdul Mukti Keliobas pernah menjadi bupati SBT dua periode. Sehingga JAR-AMK jika jadi Gubernur dan Wakil Gu­bernur Maluku jangan lupa melayani masyarakat. Masyarakat harus dilayani.

“Pak Jeffry dan Pak Mukti jika jadi gubernur dan wakil gubernur jangan lupa ya masyarakat harus dilayani. Jika itu tidak terlaksana maka kami pimpinan-pimpinan partai ini yang akan menegur mereka, harus melihat kondisi kemiskinan yang ada di Tanimbar di Kabupaten Aru dan Kabupaten Maluku Barat Daya, 3 kabupaten ini yang menyumbang kemiskinan ekstrem di Maluku,” tegasnya.

Menurut Benhur, gubernur dan wakil gubernur harus melihat dan mensejahterakan masyarakatnya, jangan hanya melihat kantong pemerintahan dan kantong legislatif, kantong keluarga, kelompok maupun pribadi.  untuk dipenuhi dan masya­rakat itu miskin karena pemimpin itu bukan otoriter yang tugas untuk melayani bukan untuk dilayani

Benhur menambahkan, kebijakan kepala daerah harus pro terhadap rakyat, jangan pro terhadap yang lain Karena itulah wujud dari suksesnya visi dan misi dari kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur

Seira 90 Persen

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ke­pulauan Tanimbar, Jidon Kelma­nutu memastikan warga Seira 90 persen akan memenangkan JAR – AMK.

Pernyataan itu disampaikan Sek­retaris DPC Partai PDIP Tanimbar itu kepada Siwalima usai menyampai­kan orasi politiknya di Seira, Keca­ma­tan Wermaktian, Kabupaten Ke­pulauan Tanimbar. Minggu (13/10).

“Sebagai kader PDIP dan partai pengusung JAR – AMK saya me­mastikan Seira yang merupakan basis masa saya, dan juga partai akan memberikan 90 persen suara kepada Gubernur kita pa JAR dan pa AMK,” tegasnya.

Dikatakan, Seira sudah pasti menangkan JAR-AMK, Dengan kondisi Tanimbar saat ini JAR dan AMK hadir dan akan membawa perubahan bagi Maluku dan juga Tanimbar, apalagi label miskin ekstrem yang diberikan Pemerintah Pusat terkhusus Tanimbar, MBD dan ARU.

Sebagai Wakil Ketua DPRD dan sebagai anggota DPRD terpilih dirinya dengan basisnya, Kelma­nutu yakin bukan hanya Seira, tetapi seantero Kabupaten Kepulauan Tanimbar juga Tenggara Raya akan menangkan JAR – AMK.

“Jika Seira sudah 90 persen, maka kami pastikan Tanimbar secara me­nyeluruh akan 70 persen membe­rikan kemenangan bagi JAR-AMK. PDIP, Nasdem dan Hanura punya 8 kursi di DPRD Tanimbar yang akan dilantik pada tanggal 4 November nanti, jika dihitung 3 partai ini memiliki sekitar 20 ribu suara. Untuk itu dengan kendaraan partai hingga simpatisan dan pendukung kita pasti keluar sebagai pemenang pertama di Tanimbar, itu pasti,” ujarnya. (S-26)