AMBON, Siwalimanews – Provinsi Maluku menjalin kerja sama di bidang perikanan dengan Provinsi Sulawesi Selatan dinilai tidak merugikan.

DPRD Maluku justru mendukung penuh kerja sama dua pihak tersebut.

Ketua Fraksi Pembangunan Bangsa, Mumin Refra                  kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, mengatakan kerja sama perikanan akan saling memberikan keuntungan secara langsung bagi daerah.

“Artinya bila dilihat MoU secara verbal, maka tidak ada yang merugikan Maluku, Refra kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Kamis (10/2)

Menurutnya, saat ini potensi laut menjadi skala prioritas yang mesti diutamakan dari sisi ekonomis yang nantinya ditopang oleh industri pertanian dan perkebunan yang menjadi andalan untuk masuk ke pasar Sulsel, nasional atau internasional.

Baca Juga: Belum Terima BLT, Warga Huamual Serbu Balai Desa

Ia juga mengakui, selama ini potensi perikanan yang dimiliki Maluku hanya masuk label daerah lain sehingga kedepannya harus menjadi andalan.

“Dengan adanya pertumbuhan ekonomi disektor perikanan yang cukup bagus saat ini, kerja sama akan menjadi support dalam pertumbuhan ekonomi daerah,” jelasnya.

Artinya, pertimbangan ekonomi sektor perikanan menjadi andalan, maka harus digagas sesuatu kebijakan yang mampu meningkatkan taraf hidup orang banyak termasuk membackup pendapatan daerah.

Untuk itu ia berharap, hasil laut yang dimiliki Maluku dapat menjadi incaran nasional, yang dimulai dengan kerja sama Pemda Maluku dan Pemda Sulsel, apalagi posisi strategis Sulsel pasca penetapan ibu kota negara baru, akan sangat menguntungkan. (S-20)