BULA, Siwalimanews – Keluarga besar SMA/SMK Aliyah Angkatan 2016 se-Kabupaten Seram Bagian Timur merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijryah dengan melakukan aksi tebar kebaikan.

Kegiatan yang merupakan Program Tebar Hewan Kurban tahun ini, digelar dalam rangka memperingati HUT angkatan dengan mengusung tema Menebar Kebaikan Membangun Solidaritas Umat di Hari Raya Kurban.

Ketua Panitia Kurban Alumni SMA/SMK Aliayh SBT Angkatan 2016 Abdul Rahman Turki mengaku, pada Lebaran Idhul Adha kali ini, angkatan 2016 secara resmi membagikan tiga ekor kambing yang diperuntukan kepada Panitia Kurban Masjid Al-Fajar, Desa Fattolo, Kecamatan Bula.

“Selain berkurban pada momentum bersejarah bagi umat Islam dan napak tilas Nabi Ibrahim AS bersama putranya Nabi Ismail AS, alumni angkatan 2016 juga merayakan HUT yang melibatkan empat kecamatan di SBT, yakni Kecamatan Bula, Tutuk Tolu, Kiandarat dan Siritaun Wida Timur sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat setempat,” tulis Turki dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Senin (17/6).

Menurutnya, kegiatan ini, pihaknya berkolaborasi dengan Panitia Kurban Masjid Al-Fajar, Desa Fattolo, ini juga dimeriahkan dengan sejumlah tarian sambra yang di suguhkan para siswa SDN Fattolo serta dilanjutkan dengan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban. Selain itu, disela-sela kegiatan ini alumni SMA/SMK Aliyah angkatan 2016 juga melangsungkan doa syukur HUT bersama.

Baca Juga: Pemkot Serahkan Hewan Kurban

“Kegiatan dengan tema Menebar Kebaikan Membangun Solidaritas Umat di Hari Raya Kurban, merupakan wujud nyata angkatan dalam memberikan kepedulian terhadap masyarakat di daerah ini. Semua kegiatan qurban yang dilaksanakanpun alhamdulillah berjalan lancar sesuai apa yang kita harapkan dari panitia,” jelas Turki.

Ia mengaku, pada tahun ini alumni angkatan 2016 menyumbangkan tiga ekor kambing yang didistribusikan ke masyarakat.

Sementara Ketua Alumni SMA/SMK Aliyah Angkatan 2016 Wilayah Kecamatan Tutuk Tolu, Kiandarat, Siritaun Wida Timur, Anwar Kelsaba menambahkan, pelaksanaan Idhul Kurban sebagai bentuk rasa kepedulian serta sebuah praktek yang telah menjadi bagian integral dari umat Islam, bukan hanya sekedar ritual ibadah, tetapi juga merupakan simbol pengorbanan yang mendalam.

“Agenda kurban ini memang agenda yang kita tidak bisa pungkiri dan ini menjadi kewajiban semua umat Islam,” tandasnya.

Ia  juga meyakini, jika kelancaran dan kesuksesan kegiatan juga tidak terlepas dari dukungan dari seluruh alumni SMA/SMK Aliayh Angkatan 2016 tergabung dalam panitia pelaksana yang telah menyumbangkan sebagian rezkinya sehingga kegiatan ini sukses dilaksanakan.

“Selaku ketua di tiga kecamatan dan mewakili Ketua Angkatan 2016 Bula saya sampaikan ribuan terima kasih kepada semua teman-teman angkatan 2016 se-Kabupaten SBT, yang sudah cukup berpartisipasi untuk mensukseskan kegiatan ini,” tandasnya.

Ia mengaku, sejumlah upaya mulai dari pembentukan panitia sekaligus penggalangan dana walaupun mendapatkan tantangan, namun tugas mulia ini dapat diselesaikan bersama. proses ini,  tidak hanya materi yang diumumkan, tetapi juga rasa hormat dan penghargaan terhadap martabat manusia.

“Saya mewakili teman-teman alumni angkatan 2016 sampaikan terima kasih kepada masyarakat, khusunya pemuka agama di Desa Fattolo yang antusias menerima kami disini dengan baik,” ucapnya.(S-27)