AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 430 kg ikan tuna jenis loin dan 50 kg gurita segar asal Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara, siap dipasok ke Kota Ambon.

Sebelumnya, untuk memastikan keamanan ikan dan seafood yang akan diangkut menggunakan alat angkut KM Barcelona, petugas Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Maluku (Karantina Maluku) melakukan pemeriksaan, baik fisik yang berkaitan dengan kesehatan komoditinya, maupun dokumen adminstrasinya.

“Setelah pemeriksaan komoditi yang dikemas dalam kemasan streofoam itu,  dipastikan aman dan kelengkapan dokumen dari daerah asal dinyatakan lengkap, sehingga bebas di lalu lintaskan menuju daerah tujuan Ambon. Kami juga telah menerbitkan sertifikat kesehatan ikan dan produk perikanan domestik (KI-D12) dan melakukan pembebasan,” jelas Kepala Karantina Maluku Abdur Rohman, dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Selasa (9/7).

Rohman menjelaskan, Karantina Maluku selalu hadir dan siap siaga dalam membantu menjaga sumber daya alam hasil perikanan dan menjaga kualitas ikan yang dikirim.

“Hal ini dilakukan sesuai UU 21 tahun 2019 tentang KHIT, serta menjadi dasar seluruh petugas karantina dalam melakukan tindakan karantina di lapangan,” jelasnya.(S-25)

Baca Juga: Ambil Material Nikel Tanpa Ijin, PT MJAB Bakal Digugat