AMBON, Siwalimanews – Puluhan peserta meramaikan Festival Seni Budaya Islam dan Pemilihan Duta Qasidah tingkat Kota Ambon.
Sejumlah cabang lomba yang digagas Lembaga Seni Qasidah Indonesia atau Lasqi Kota Ambon seperti lomba Bintang Vokalis, Pop Religi, Tarian Samrah serta pemilihan Duta Qasidah.

Penjabat Walikota Ambon dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekot Agus Ririmase mengatakan Lasqi memiliki tanggung jawab besar dalam pembinaan, pengembangan dan peningkatan mutu seni qasidah di Ambon.

“Pelestarian dan pengembangan qasidah sebagai media dakwah dan syiar Islam melalui seni budaya, turut andil mendukung visi dan pengembangan Ambon City of Musik,” ujar walikota ketika membuka festival yang berlangsung di Islamic Center, Selasa (17/10).

Menurutnya festival ini merupakan komitmen dan konsistensi Lasqi dalam melestarikan seni budaya Islam.
“Saya harap kegiatan ini dapat memberikan motivasi bagi anak-anak dan remaja sebagai generasi penerus bangsa ini agar terus mengenal dan mendalami serta mengembangkan seni budaya Islam,” ungkapnya.

Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada Lasqi yang mau menyelenggarakan event tersebut.
“Atas nama pemerintah kota, kami menyampaikan apresiasi dan menyambut baik kegiatan ini,” ucapnya.

Baca Juga: 2024, Pemerintah Gratiskan Biaya Balik Nama Kendaraan

Untuk itu kedepan Lasqi harus terus melakukan pembinaan dan selalu memberikan edukasi tentang nilai-nilai positif dari seni budaya Islam.

“Yang terpenting, ini sebagai wadah untuk silaturahmi demi memperkokoh kesatuan dan persatuan dalam semangat ukhuwah dan islamiyah,” harapnya.

Untuk diketahui lomba bintang vokalis kelas putra dan putri untuk kategori anak, remaja dan dewasa diikuti peserta 21 orang. Lomba Pop Religi Solo (putra/putri) untuk kategori remaja diikuti 36 peserta.

Sementara lomba tarian Samrah untuk remaja masjid yang diikuti 17 grup dan lomba Hadrat untuk majelis taklim yang diikuti 6 grup. (S-25)