AMBON, Siwalimanews – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi mengusung Muhamat Mara­sa­bessy dan Liliane Aitonam maju sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tengah, pada

Pilkada serentak 27 November mendatang.

Rekomendasi Parpol yang dipim­pin Putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep itu diserahkan resmi di Jakarta, Kamis (24/7).

Rekomendasi kedua yang diper­oleh Marasabessy setelah sebelum­nya Partai Gelombang rakyat (Ge­lora) itu memberikan rekomendasi pada 21 Juni 2024 lalu.

Pemberian rekomendasi ini sekali­gus sebagai bentuk dari dukungan partai politik yang terus mengalir ke mantan Penjabat Bupati Malteng, Muhamad Marasabessy.

Baca Juga: Mahasiswa Lelemuku Desak Hakim Tolak Praperadilan PF

Hal itu tentu saja adalah bukti dari keinginan kuat mantan Kepala Balai Wilayah Sungai Maluku itu untuk kembali mengabdi bagi rakyat dan daerah bergelar Pamahanu-Nusa itu.

“Kami dinilai memiliki tingkat elektabilitas tertinggi dari kandidat bakal calon bupati lainya yang mendaftar serta proses fit dan proper tes, juga dinilai baik dari kandidat lainnya,” Tandas Marasabessy ke­pada Siwalima melalui sambungan selulernya, Kamis (25/7) sore.

Sosok yang akrab di sapa Pak Matt itu mengungkapkan, keputu­san PSI untuk merekomendasikan dirinya dengan Liliane Aitonam bermuara pada penilaian objektif.

Dikatakan pemberian rekomen­dasi oleh PSI saat itu dilakukan kepada sekitar 20 kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur se-Indonesia.

“Iya hari ini adalah sekitar 20 daerah kabupaten/kota dan pro­vinsi. Sementara untuk Provinsi Maluku, Alhamdulillah, Puji Tuhan, saya dan ibu Aitonam yang di­percayakan oleh PSI,”Sambung Ketua DPP IKAPATTI Maluku itu.

Marasabessy menegaskan diri­nya, akan terus membangun koor­dinasi dengan sejumlah pimpinan partai politik di Jakarta.

“Kami  berproses di hampir 12 partai politik, sejauh ini kami terus berkoordinasi dengan pimpinan partai politik di pusat. Karenanya kami sangat optimis akan meraih 20 persen dukungan partai politik, untuk maju pada Pilkada Malteng, November mendatang,” tukasnya.

Ditanya soal alasan dirinya tidak lagi berpasangan dengan Victor Loupatty yang sebelumnya diga­dang-gadang akan berpasangan dengannya pada Pilkada nanti, Mantan Kadis PUPR Provinsi Maluku ini mengatakan, Loupatty mengundurkan diri dengan alasan kesehatan. “Pak Victor pribadi yang sangat baik, namun, karena pertim­bangan kesehatan beliau mengun­durkan diri. Makanya dengan berbagai pertimbangan yang matang kami mengandeng ibu dokter Aitonam,” ujarnya. (S-17)