AMBON, Siwalimanews – Presiden Joko Widodo, dipastikan batal berkunjung ke Provinsi Maluku. Sebelumnya orang nomor satu di republik ini, telah diagendakan melakukan lawatan ke Maluku pada 3-4 Oktober mendatang.

Plh Sekretaris Daerah Maluku Syuryadi Sabirin kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Selasa (1/10) membenarkan pembatalan kedatangan presiden dua periode itu.

Padahal, kata Sabirin, pemerintah provinsi telah melakukan persiapan sejak mendapat informasi mengenai kedatangan presiden ke Kabupaten SBT dan Buru Selatan.

“Kalau soal persiapan seluruhnya sudah kita lakukan, baik di Kota Ambon, Bursel dan SBT, tapi tadi pukul 10.00 WIT ada surat dari kepresidenan untuk penundaan kunjungan ke Maluku,” ungkap Sabirin.

Pemprov menurut Sabirin, belum mengetahui alasan pasti pembatalan kunjungan presiden, sebab dalam surat kepresidenan tersebut, tidak dijelaskan perihal alasan pembatalan.

Baca Juga: Wakapolda Harap Kesaktian Pancasila Jadi Momen Pemersatu di Pilkada 024

Namun dia menduga ada agenda yang lebih penting dalam mengakhiri masa jabatan presiden, kunjungan kerja ini dibatalkan. “Mungkin ada agenda penting yang tidak bisa ditinggalkan oleh pak presiden,” duga Sabirin.

Sabirin memastikan, pasca pembatalan tersebut, belum ada penjadwalan ulang terkait waktu kedatangan presiden.

“Prinsipnya kita standby saja, baik pemprov dan pemkab di kedua kabupaten ini maupun forkompinda dan instansi terkait, sambil menunggu informasi kelanjutannya,” ucap Sabirin.(S-20)