AMBON, Siwalimanews – Politeknik Negeri  Ambon (Polnam), Rabu (18/9), menggelar expo  sebagai bagian dari pelaksanaan Seminar NasionalTerapan Riset Inovatif atau biasa dikenal dengan Sentrinov di tahun 2024.

Direktur Politeknik Negeri  Ambon, Dady Mairuhu dalam sambutannya mengatakan,  expo yang kita selenggarakan saat ini bukan hanya sebagai kegiatan pembuka dari acara Sentrinov saja. Akan tetapi Expo ini merupakan wujud nyata dari komitmen seluruh sivitas akademika Politeknik Negeri Ambon untuk terus mendukung kemajuan UMKM di Maluku khususnya di Kota Ambon.

“Terima kasih banyak kepada bapak dan ibu, khususnya pelaku UMKM di Kota Ambon, yang telah meluangkan waktu mengikuti kegiatan expo ini.  Saya yakin banyak di antara bapak dan ibu yang sudah sering mengikuti kegiatan expo di Politeknik Negeri Ambon ini,” ungkap Mairuhu.

Dikatakan, tahun ini Politeknik Negeri Ambon dipercayakan sebagai tuan rumah pelaksanaan Sentrinov yang akan berlangsung selama dua hari, sejak Rabu (18/9) hingga Kamis (19/9).

“Ada banyak peserta yang mengikuti kegiatan Sentrinov ini.Para peserta ini berasal dari Politeknik seluruh Indonesia,” katanya.

Baca Juga: 143 Personel Tamtama Polri Jalani Tes Kesamaptaan

Mairuhu menjelaskan, Sentrinov merupakan sebuah ajang dimana berkumpul para peneliti dari seluruh Politeknik di Indonesia untuk mendisemina­sikan hasil-hasil penelitian terapan yang telah dilakukan.

“Para peneliti di Politeknik Negeri Ambon merupakan sebagian dari para peneliti ini. Banyak hasil karya penelitian berupa produk dan teknologi yang telah dihasilkan terutama produk dan teknologi penelitian terapan yang mendukung pengembangan UMKM di Maluku. Dalam expo ini, produk dan teknologi terapan yang telah dihasilkan tersebut dapat kita lihat bersama-sama,” jelasnya.

Dirinya berharap, kedepan kolaborasi antara bapak dan ibu pelaku UMKM dan para peneliti dari Politeknik Negeri Ambon dapat terus ditingkatkan, sehingga dapat berkontribusi bagi pengembangan UMKM bahkan meningkatkan kualitas kehidupan Masyarakat di Maluku yang kita cintai bersama ini.

“Expo yang kita selenggarakan saat ini bukan hanya sebagai kegiatan pembuka dari acara Sentrinov saja. Akan tetapi Expo ini merupakan wujud nyata dari komitmen seluruh sivitas akademika Politeknik Negeri Ambon untuk terus mendukung kemajuan UMKM di Maluku khususnya di Kota Ambon,” katanya.

Dengan banyak tamu yang hadir, kata dia, berkesempatan untuk memamerkan dan menjual produk-produk yang telah dihasilkan terutama produk-produk lokal yang menunjukkan kekhasan kita sebagai orang Maluku. Expo ini memberi kesempatan bagi untuk memperkenalkan produk asli Maluku kepada semua tamu.

“Bagi semua adik mahasiswa yang berpartisipasi melalui expo produk kewirausahaan mahasiswa, saya ingin menyampaikan, lanjutkan kerja-kerja baik adik-adik saat ini. Dengan terus meningkatkan produk kewirausahaan, sebenarnya adik-adik sedang memproses diri menjadi calon-calon wirausaha yang sukses di masa depan.  Belajar di Politeknik Negeri Ambon harus memberikan pengalaman tidak hanya pengalaman dan keahlian berdasarkan keilmuan saja. Akan tetapi harus memberikan adik-adik pengalaman lain berupa kewirausahaan. Belajar menjadi calon wirausaha yang tidak mencari pekerjaan pada orang lain.Tetapi mampu menciptakan pekerjaan bagi diri sendiri bahkan menciptakan peluang kerja bagi orang lain,” pintanya. (S-08)