MASOHI, Siwalimanews – Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Maluku Tengah, memperpanjang batas waktu pendaftaran bacalkada kabupaten bergelar Pamahanu-Nusa itu, sepekan, hingga 17 Mei.

“Sebelumnya kami telah mengumumkan ambang batas waktu pendaftaran bacalkada sampai dengan 10 Mei, hari ini. Namun semua petunjuk DPW PKS, pendaftaran kembali diperpanjang sampai dengan 7 hari mendatang,atau sampai dengan 17 mei nanti,” tandas Ketua Tim Penjaringan, Musriadin Labahawa, kepada wartawan usai menerima pendaftaran Balon Bupati Malteng, Muhamat Marasabessy di kantor DPC PKS di Masohi, Jumat (10/5).

Anggota DPRD Malteng tiga periode itu menegaskan, perpanjangan waktu bagi dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi putra putri terbaik Kabupaten Malteng untuk dapat berproses.

“Ini tidak berarti kita memprioritaskan kandidat tertentu, namun ambang batas terlampau singkat. Sementara terdapat beberapa kandidat yang sudah mengkonfirmasi akan mendaftar. Namun, karena kesibukan mereka, kesempatan mendaftar belum dilakukan. Karenanya,atas koordinasi dengan pengurus wilayah, kita kembali membuka kesempatan dengan perpanjangan waktu penjaringan,sampai dengan  7 hari mendatang,” jelas Labahawa.

Ditegaskan,  perpanjangan waktu penjaringan tidak ada mengganggu proses seleksi,fit dan proper test bacalkada di PKS.

Baca Juga: Rahakbauw: Anggaran Jadi Kendala Program Rumah Layak Huni

“Memang telah ditetapkan tanggal 14 Mei besok akan dilakukan proses Fit bakal calon di Ambon. Akan tetapi waktunya dapat disesuaikan dengan perpanjangan waktu penjaringan yang ada saat ini,” jelasnya.

Dikatakan,  proses perpajangan waktu yang di lakukan PKS tidak berlaku hanya di Malteng sebab mulai dari wilayah hingga di seluruh kabupaten/ kota berlaku sama.

“Jadi ini bukan hanya di Kabupaten Maluku Tengah saja. Perpanjangan waktu itu berlaku di seluruh Maluku. Hal itu untuk membuka ruang bagi para balon yang telah mengkonfirmasi akan mendaftar. Jadi bagi Mereka yang telah mengambil formulir namun belum pengembalian juga kepada Meraka yang telah mendaftar tetapi dokumennya belum lengkap masih diberikan kesempatan untuk mendaftar dan melakukan perbaikan kelengkapan berkas. Jadi tidak ada maksud lain selain hal itu,juga terdapat kesempatan waktu tambahan bagi para kandidat untuk melakukan  lobi lobi politik baik si tingkat wilayah hingga tingkat pusat,” terangnya.

Untuk diketahui sampai dengan penutup pendaftaran Bacalkada Jumat hari ini,PKS Malteng telah berhasil menjaring 4 balon Bupati,masing masing Andi Munarswir Intan, Zulkarnain Awat Amir, Ibrahim Ruhunussa yang baru mengambil berkas dan   Muhamat Marasabessy.(S-17)