Proses pemilihan kepala daerah secara serentak di Indonesia termasuk di Provinsi Maluku yang akan berlangsung pada 27 November mendatang sudah semakin dekat.  Suhu politik pesta rakyat tersebut semakin tinggi.

Sejumlah partai politik di provinsi seribu pulau ini telah membuka pendaftaran dan rame-rame para bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah telah mengambil formulir bahkan sebagian ada yang sudah mendaftar.

Tercatat sejumlah pejabat dan wakil rakyat yang berkeinginan membangun Maluku ini kedepan lebih baik lagi. Sebut saja, Mantan Pangdam XVI/Pattimura, Letjen Purn Jeffry Apoly Rahawarin Deputi Bidang Infrastruktur Kawasan Perbatasan BNPP ini telah mengambil formulir pada sejumlah partai politik.

Berikutnya, Febry Calvin Tetelepta. Deputi I Kantor Staf Presiden ini berjanji akan mengikuti setiap proses di partai politik. Bahkan keinginan untuk memajukan Maluku.

Selanjutnya, mantan Gubernur Maluku Murad Ismail. MI sebutan akrab Murad Ismail digandang-gandang bakal berpasangan dengan pengurus DPP Partai Demokrat Michael Wattimena. MI juga telah mendaftar pada sejumlah partai. Partai Amanat Nasional, salah satu partai yang telah memberikan dukungan kepada mantan Komandan Korps Brimob Polri ini.

Kemudian anggota DPR RI daerah pemilihan Provinsi Maluku, Hendrik Lewerissa. Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Maluku ini mengambil formulir setelah mendapatkan restu dari Ketua Umum DPP Gerindra yang juga calon Presiden terpilih, Prabowo.

Selain itu, mantan Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Nataniel Orno. Mantan Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya telah mendaftar pada sejumlah partai politik, termasuk PDI Perjuangan. Bahkan Abbas, sebutkan akbar Orno ini yakin akan mendapatkan rekomendasi dari partai besutan Megawati Soekarno Putri itu.

Bukan saja itu, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlantalam IX) Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina.Said yakin akan mendapatkan dukungan dari sejumlah partai politik untuk maju dalam perhelatan pilkada 2024 ini.

Berikutnya untuk bakal calon Wakil Kepala Daerah yang baru menyatakan diri siap dan telah mengambil formulir yaitu mantan Bupati Seram Bagian Timur, Abdullah Vanath. Walaupun belum terlihat siapa pejabat yang akan mengandengnya, namun AV ini yakin tetap akan pinang oleh sejumlah balon kepala daerah.

Terakhir mantan bendahara PDI Perjuangan Provinsi Maluku, Taddy Salampessy juga mendaftarkan diri sebagai balon Gubernur Maluku. Kader PDI Perjuangan ini telah mendaftar di partainya.

Kita tentu saja memberikan apresiasi bagi para pemimpin daerah ini yang ingin maju merebut kursi Maluku satu. Keinginan untuk membangun Provinsi Maluku lebih baik patut diberikan dukung, tetapi yang rakyat butuhkan adalah seorang pemimpin yang merakyat.

Yang memahami keinginan rakyatnya, yang memimpin tidak dengan arogansi kekuasaan, tetapi mampu membawa rakyat kearah kesejahteraan. Termasuk mampu menekan angka kemiskinan di Maluku, mengurangi tingkat pengangguran intelektual, mampu menyediakan lapangan kerja serta mampu mengatasi masalah-masalah yang terjadi baik dari aspek pendidikan, kesehatan, Infrastruktur dan lainnya.

Kita berharap siapapun yang nantinya terpilih adalah pemimpin harapan rakyat dan negeri ini dan mampu membawa negeri seribu pulau ini dari berbagai keterpurukan. Semoga (*)