MOMENTUM upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di tingkat Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), untuk pertama kalinya, akan dikibarkan duplikat bendera pusaka merah putih.

Bupati MBD, Benyamin Th. Noach, menerima duplikat bendera pusaka dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten MBD, Arestoules J. Ezauw, dan Purnapaskibraka Kabupaten MBD, Patra A. K. Tanody di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (7/8),

Penyerahan duplikat Bendera Pusaka jelang HUT Ke-79 RI tersebut dilakukan Kepala BPIP, Yudian Wahyudi kepada pemerintah pusat dan daerah serta perwakilan RI di luar negeri. Selain penyerahan duplikat bendera pusaka, juga diputarkan video sejarah Sang Saka Merah Putih, dilanjutkan pengarahan dari Sekretaris Utama BPIP dan Kepala BPIP.

Kepala BPIP Yudian Wahyudi mengatakan, penyerahan duplikat bendera pusaka ini merupakan mandat dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 51 tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka pasal 8 ayat 1 sampai 3.

Baca Juga: Pemkot Terima Penghargaan UHC

Ia juga mengatakan, kegiatan ini juga menjadi momen bersejarah karena mengulang peristiwa 55 tahun lalu, di mana pada 5 Agustus 1969, Presiden kedua Indonesia, Soeharto, memberikan duplikat bendera pusaka kepada gubernur/kepala daerah seluruh Indonesia. Penyerahan duplikat bendera pusaka merupakan momen bersejarah sebagai bentuk menjaga, menghormati dan mencintai simbol negera serta tanah air.

“Ini merupakan momen kita untuk menjaga dan menghormati simbol-simbol negara, sebagai bentuk cinta tanah air dan penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Bahkan baru terjadi lagi setelah tanggal 5 Agustus 1969 dimana duplikat bendera pusaka pun saat ini telah tersebar di 552 titik yang terdiri dari 38 provinsi dan 514 kabupaten,” ujarnya.

Untuk itu dirinya menitipkan pesan kepada kepala daerah untuk senantiasa menjaga duplikat bendera pusaka dengan baik.

Sementara itu, Bupati Maluku Barat Daya, Benjamin Thomas Noach, menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk mengibarkan untuk pertama kalinya duplikat bendera pusaka di Kabupaten MBD.

Penyerahan duplikat Bendera Merah Putih ini merupakan suatu kehormatan yang besar bagi Kabupaten MBD.

“Ini tidak hanya sebagai simbol, tetapi juga sebagai pengingat bagi kita semua untuk selalu memelihara semangat kemerdekaan dan kebersamaan dalam membangun daerah dan negara,” jelasnya.

Noach menambahkan, perayaan HUT ke-79 RI juga akan menjadi momen penting bagi seluruh masyarakat MBD .Pasalnya pada momen peringatan kemerdekaan RI menjadi momentum tepat untuk memperkuat persatuan, rasa kebangsaan dan gotong royong dalam menghadapi tantangan kedepan.

“Dengan diterimanya duplikat Bendera Merah Putih ini, semoga semangat nasionalisme dan kecintaan terhadap tanah air semakin tumbuh, serta menjadikan peringatan HUT ke-79 RI semakin bermakna,” pungkasnya.(S-28)