AMBON, Siwalimanews – Desakan DPRD agar pola pelayanan kepada masyarakat lebih dioptimalkan, RSUD Dr. M Haulussy akhirnya melakukan pembenahan.

Dengan menerapkan sistem informasi manajemen, rumah sakit plat merah milik Pemprov Maluku itu berbenah dari waktu ke waktu.

“Sistem ini telah diberlakukan sejak dua bulan lalu dengan pendampingan penuh dari BPJS kesehatan,” kata Sekretaris RSUD Dr M. Haulussy, Fatum Pulhehe kepada Siwalima, Jumat (6/9).

Ia mengaku, kalau sebelum sistem ini berlaku, waktu tunggu pasien itu berjam-jam sekarang sudah meng­alami perubahan.

“Terjadi perubahan dalam pelayanan kepada pasien, salah satunya waktu tunggu pasien yang sebelumnya berjam-jam karena terkendala petugas yang belum memahami sistem,” jelasnya.

Baca Juga: FPAK Demo Minta Kejati Usut Proyek Dinas PK

Sekarang lanjutnya, waktu tunggu pasien dibawa satu jam sehingga pasien tidak lagi menunggu lama ketika bertobat di RSUD.

“Memang untuk mata masih berjam-jam karena dokter terlambat tidak menyampaikan ke admin di ruangan sehingga berpengaruh terhadap waktu tunggu, tetapi sekaranglah sudah ditangani dengan baik,” ujarnya.

Menurutnya, perubahan terus membenahi diri pasca sejumlah persoalan yang menimpa RSUD saat Covid-19 lalu hingga kedepan diharapkan keberadaan RSUD Haulussy sebagai RS rujukan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Apalagi selain sebagai rumah sakit rujukan, RSUD Haulussy juga merupakan rumah sakit pendidikan maka perbaikan terhadap mutu dan kualitas RS harus ditingkatkan. (S-20)