NAMLEA, Siwalimanews – Lions Club bersama Satpol PP dan ikatan Mahasiswa Muhamadiyah Cabang Buru  membagi-bagikan masker gratis kepada masyarakat di Kota Namlea, Jumat (16/10).

Presiden Lions Club Maluku, Arnis Kapitan turun langsung bersama Kasatpol PP Karim Wamnebo dan puluhan mahasiswa IMM membagi-bagikan masker di setiap sudut jalan protokol.

“Saya kebetulan sementara berada di Namlea jadi ikut langsung membagikan masker bagi masyarakat,” ucap Arnis.

Pada setiap jalan, setiap kendaraan roda dua maupun masyarakat yang melintas di lokasi pembagian dihentikan sejenak kemudian diberikan masker, bagi yang tak memakai masker diberikan arahan terlebih dahulu sebelum diberikan masker.

Kasatpol PP Karim Wamnebo kepada wartawan mengaku, masih ada warga Buru yang beraktivitas di luar rumah tidak menggunakan masker, padalah pemerintah dan instansi lainnya terus berupaya melakukan pencegahan.

Baca Juga: Satgas Buru Keluarkan SE Pencegahan Covid

“Sayang masih ada warga yang kurang peduli dan tidak sadar pentingnya menerapkan protokol kesehatan selama beraktivitas di luar rumah,” ucapnya.

Karenanya, dalam kegiatan ini tidak sebatas memberikan masker secara gratis, namun mahasiswa IMM juga melakukan edukasi kepada masyarakat tentang cara pencegahan Covid-19, terutama disiplin menggunakan masker di luar rumah.

“Dengan menjalankan protokol kesehatan bisa meminimalkan risiko tertular dan penularan. Edukasi seperti ini penting dilakukan agar masyarakat terbiasa disiplin,” ujarnya.

Pencegahan Covid-19 harus dilakukan secara bersama-sama, baik itu masyarakat, pemerintah dan stakeholder lain, sebab pencegahan tidak bisa dilakukan hanya oleh satu pihak..

“Jangan sampai menyesal setelah dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 dan ada orang tersayangnya ikut jadi korban, sebab jika tertular virus ini, taruhannya adalah nyawa,” himbau Wamnebo. (S-31)