MASOHI, Siwalimanews – Bupati Maluku Tengah Muhamat Marasabessy melaksanakan safari Ramadhan di tiga kecamatan sekaligus. Lewat kegiatan ini juga diharapkan upaya pemerintah untuk merealisasikan program pembangunan dan pelayanan masyarakat yang berakhlak dan berbudaya dapat benar-benar tercapai.

Silaturahmi sekaligus sebagai bentuk realisasi program sapa umat kalesang negeri itu, digelar di Kecamatan Seram Utara, Seram Utara Timur Kobi dan Kecamatan  Seram Utara Timur  Seti, Jumat (29/3).

” “Safari Ramadhan yang kita lakukan saat ini tidak hanya untuk merealisasikan kegiatan tahunan yang telah berjalan dalam upaya untuk membangun silaturahmi dengan seluruh lapisan masyarakat Malteng. Namun lebih dari itu kegiatan ini dibingkai dengan tema besar yang telah saya canangkan sejak saya dilantik sebagai penjabat bupati yakni Gerakan Sapa Umat Kalesang Negeri Berahklak dan Berbudaya,” ucap bupati disela-sela kegiatan itu.

Bupati mengatakan, puasa adalah salah satu ibadah yang sangat penting dalam agama Islam, karennya setiap insan Islam pastinya berbahagia masih diberikan kesempatan untuk dapat melaksanakan ibadah puasa.

“Saudara-saudara yang saya cintai, puasa Ramadhan adalah salah satu ibadah yang paling penting

Baca Juga: Sekot: Ekonomi Kreatif Miliki Arti Penting Topang Ekonomi

dalam agama Islam. Ibadah ini dilakukan selama bulan Ramadhan, bulan kesembilan dalam kalender Islam. Selama bulan ini, umat Islam diwajibkan untuk menahan diri dari segala bentuk perilaku yang dapat merusak kesucian hati dan perilaku yang dilarang oleh agama,” ucap bupati.

Tujuan utama dari ibadah puasa Ramadhan kata bupati adalah, untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, menumbuhkan rasa taqwa, dan meningkatkan kesadaran spiritual. Selain itu, ibadah puasa

Ramadhan juga bertujuan mengajarkan rasa empati, menumbuhkan rasa kemandirian, menjaga kesehatan dan meningkatkan solidaritas sosial serta meningkatkan kebersihan moral.

Safari Ramadhan yang digelar Pemkab Malteng saat ini adalah, wujud dari upaya membangun silaturahmi, memperkokoh ukhuwah Islamiah.

“Pemkab Maluku Tengah tahun ini mengadakan kegiatan safari Ramadhan yang bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi, memperkokoh ukuwah Islamia serta menyiapkan umat Islam menyambut Idul Fitri dengan rasa bahagia, aman, rukun dan damai. Safari Ramadhan tidak semata-mata agenda rutin tahunan, tetapi kegiatan ini memiliki arti penting dan bernilai strategis, sehingga patut dihayati dan dimaknai secara dalam,” tandas bupati.

Bupati mengajak seluruh warga Malteng, terutama warga pada tiga kecamatan itu untuk menjaga dan melestarikan alam agar pada giliran warga mampu melestarikan dan mengembangkan lingkungan alam sekitar untuk bersih sehat dan indah serta bernilai ekonomis.

“Saya berharap masyarakat mampu memanfaatkan potensi alam yang ada untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan ekonomi rumah tangga. Apalagi kita tahu bersama bahwa angka

kemiskinan ekstrem di kabupaten ini masih cukup tinggi, sehingga masyarakat diharapkan melakukan usaha-usaha mandiri yang nantinya dapat menurunkan angka kemiskinan ekstrem, bahkan impian saya agar kedepan Maluku Tengah akan bebas dari kemiskinan ekstrem,” cetusnya.

Bupati juga mengingatkan masyarakat untuk serius memberikan perhatian terhadap pemenuhan gizi anak, sebagai salah satu bentuk dari kesadaran bersama untuk melawan masalah stunting di Malteng, sebab  angka stunting di Malteng masih cukup tinggi.

Ini masalah serius yang harus menjadi perhatian bersama cCamat dan raja/kades maupun kader TP PKK

harus aktif memberikan edukasi dan pendampingan yang maksimal mungkin bagi kesehatan ibu dan anak.

“Penerapan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi harus menjadi kebiasan yang perlu ditumbuh kembangkan,” pinta bupati.

Pada kesmepatan itu, bupati juga turut memberikan sejumlah bantuan fasilitas kesehatan, serta peningkatan pasokan listrik, pengembangan sarana irigasi serta pengembangan infrastruktur lainnya.(S-17)