AMBON, Siwalimanews – Guna memperkuat ekonomi dan keuangan digital di Maluku, maka Kantor Perwakilan Bank Indonesia Maluku menggelar kegiatan bertajuk Maluku Manggurebe 2024.

Kegiatan yang berlangsung di pelataran Pattimura Park ini digelar, Kamis (5/9) hingga, Sabtu (7/9) besok dengan mengusng tema Sinergi Memperkuat Ekonomi dan Keuangan Digital serta Inklusi Untuk Pertumbuhan Makhluk Hidup yang Berkelanjutan.

Event yang keempat kalinya digelar BI dengan melibatkan  40 UMKM binaannya itu juga, menampilkan busana hasil karya para disainer muda yang masuk duduk dibangku sekolah juga digelar berbagai perlombaan.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Destry Darmayanti saat membuka kegiatan itu, Kamis (5/9) malam mengatakan, Maluku Manggurebe adalah salah event untuk bagaimana BI mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di Maluku.

“Selain sebagai upaya untuk mendukung pengendalian inflasi, ketahanan pangan dan penguatan sektor prioritas, mari kita semua bersinergi untuk bagaimana menciptakan pertumbuhan ekonomi dan keuangan yang inklusif serta membuka ruang kepada UMKM agar bisa terus maju, bila perlu hingga go global. Bagaimana kita mempersiapkan UMKM untuk dapat naik kelas dengan inovasi dari para anak muda Maluku dan pemanfaatan teknologi digital diberbagai aspek,” ujarnya.

Baca Juga: DPRD Bakal Tetapkan Enam Peraturan Daerah

Saat ini kata Darmayanti, baru 45 UMKM sebagai pilot project di Maluku dan merupakan UMKM binaan BI. Untuk terus mengembangkannya, maka pihaknya tidak bisa melakukannya sendiri, butuh kolaborasi dan sinergi, mengingat permasalahan yang dihadapi saat ini semakin kompleks dengan kompetisi yang semakin ketat.

“Jadi dengan bersinergi, berkomitmen dan kontinyu harus terus dipegang, demikian juga dengan terus berinovasi, karena teknologi semuanya cepat berputar, karena itu perlu kita perhatikan ini kedepannya untuk terus mendorong UMKM,” tandasnya.

Ia mengaku, kegiatan ini juga merupakan bagian dari komitmen BI dalam Gerakan Bangga Berwisata Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI), demi mendukung kemajuan UMKM di Indonesia, terutama di Maluku.

Pj Gubernur Maluku, Sadali le mengapresiasi kegiatan tersebut serta berharap, semoga berbagai kegiatan yang digelar ini, bisa menyertakan Maluku dengan provinsi lain di Indonesia, terutama dari segi pariwisata dan UMKM, agar bisa meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pelaku usaha untuk mendukung gerakan bangga buatan Indonesia dan gerakan bangga berwisata di Indonesia.

“Dengan ini, bahwa kolaborasi bukanlah sebuah pilihan, tetapi keputusan untuk  kepentingan bersama,”tandasnya.(S-25)