AMBON, Siwalimanews –  Guna mempercepat pengusulan Abdul Mutalib Sangadji sebagai pahlawan nasional, maka Komisi IV DPRD Provinsi Maluku mengusulkan anggaran sebesar Rp134 juta yang diperuntukkan bagi kegiatan seminar nasional.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Rovik Akbar Afifuddin kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Kamis (1/12) menjelaskan, seminar nasional merupakan salah satu syarat yang mesti dipenuhi pengusul, sebelum dilakukan pengusulan AM Sangadji sebagai pahlawan nasional ke pemerintah pusat.

Sejauh ini semua syarat telah dipenuhi oleh tim pengusul, termasuk seminar didaerah, namun belum dapat dilakukan pengusulan, lantaran masih terkendala seminar nasional, karena belum adanya anggaran sehingga perlu dianggarkan dalam APBD.

“Kita akan undang Dinas sosial untuk memastikan seminar nasionalnya, karena anggaran Rp134 juta sudah dikonfirmasikan ke Pemerintah Provinsi Maluku,” ujar Rovik.

Anggaran seminar tersebut kata Rovik, tidak dimasukan dalam APBD 2023, melainkan dalam penjabaran perubahan APBD 2022 yang akan ditetapkan dengan Peraturan Gubernur Maluku dan hanya menunggu persetujuan.

Baca Juga: Fraksi Gerindra Pertanyakan Janji Pemindahan Ibu Kota

Jika nantinya telah ada persetujuan untuk dianggarkan, maka diperkirakan pada bulan Desember ini telah dilakukan seminar nasional sebagaimana komitmen DPRD dan Dinas Sosial.

“Kalau semua sudah terpenuhi, maka di bulan Januari 2023 tinggal diusulkan AM Sangadji sebagai pahlawan nasional, dan ditahun itu juga sudah ditetapkan sebagai pahlawan nasional,” tandas Rovik.(S-20)