BUPATI Seram Bagian Timur, Mukti Keliobas mendukung penerapan aplikasi Online Single Submison (OSS-RBA) atau perizinan berbasis resiko dalam rangka memberikan memudahkan layanan perizinan bagi masyarakat di bumi yang bertajuk Ita Wotu Nusa.

Kegiatan Bimbingan Teknis dan ekonomi Sosialisasi Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Resiko dan Pengawasan Perizinan berbasis resiko atau OSS-RBA yang berlangsung di Hotel Surya Kota Bula. Rabu (12/7).

Bupati Seram Bagian Timur dalam sambutannya yang diba­cakan oleh Asisten II Idris Bou­fakar menjelaskan, seiring per­kembangan dengan iklim inves­tasi di dunia saat ini dimana para pengusaha investor sangat mem­butuhkan kepastian dalam me­nyahuti  keinginan prestasi mereka. Pemerintah memberikan undang- undang nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta kerja.

“Peraturan Pemerintah Nomor 5 tahun 2021 tentang penyelenggara politik dan berusaha berbasis resiko. Dan peraturan pemerintah nomor 6 tahun 2021 tentang penyeleng­garaan perizinan usaha daerah, penyelenggaraan perizinan pe­rubahan total, penyelenggaraan perizinan berusaha tidak lagi berbasis izin,” ucap Bupati.

Dikatakan, ini berbasis resiko dan semuanya diproses melalui aplikasi perizinan yang terikat secara elektronik yang kita kenal dengan istilah OSS- RBA.

Baca Juga: Kilwarani Pastikan Telkomsel Bakti Digunakan Tahun  2024

“Dalam aplikasi tersebut telah diterapkan smart engile, yang akan memerintahkan jenis perwujudan berdasarkan tingkat resikonya. Dan skala usaha, sebagaimana telah diatur dalam peraturan undang-undangan,” ungkap Bupati.

Bupati berharap, dengan adanya aplikasi OSS/RBA ini akan memberikan kemudahan, dan kenyamanan, serta pelayanan bagi masyarakat peningkatan pro­duktivitas pegawai serta mendukung pengambilan keputusan atau kebijakan yang lebih cepat dengan data yang akurat.

“Selaku Bupati penerapan aplikasi OSS- RBA ini dalam memberikan kemudahan layanan perizinan bagi masyarakat Kabupaten Seram Bagian Timur. Dengan pelayanan publik yang berbentuk aplikasi perizinan yang online, ini me­rupakan suatu komitmen kita untuk meningkatkan kemajuan di Bumi yang bertajuk Ita Wotu Nusa,” Ujar Bupati

Bupati berharap, agar semua peserta bimbingan teknis  ini dapat menguji dengan saksama dan segera melakukan tindak lanjut atas hasil tersebut,” ungkap Bupati.(Mg-1)