PENCANANGAN Hari Ulang Tahun Kota Ambon dimeriahkan dengan berbagai kegiatan yang diikuti oleh ribuan ASN di lingkup Pemerintah Kota Ambon.

Kegiatan pencanangan sekaligus pembukaan Lomba Tarkamnas oleh Penjabat Walikota Ambon itu, ditandai dengan pelepasangan Burung Merpati oleh Penjabat Kota Ambon, Dominggus Kaya, Sekretaris Kota Ambon, Agus Ririmase dan beberapa pejabat di lingkup Pemkot Ambon itu berlangsung di Lapangan Merdeka Ambon, Jumat (30/8).

Dalam arahannya, Penjabat Walikota Ambon, Dominggus Kaya menyampaikan bahwa tidak terasa, Kota Ambon saat ini telah memasuki usia yang ke-449. Untuk itu, diusia tersebut kiranya seluruh elemen baik Pemerintah maupun masyarakat dapat secara bersama membangun kota ini menjadi lebih maju lagi.

Apalagi, kata Kaya, kegiatan Lomba Tarkamnas yang digelar bertujuan untuk mencari atlet-atlet yang berpotensi sebab Kota Ambon dipercaya secara nasional dengan beberapa daerah lainnya di Indonesia untuk menggelar Lomba Tarkamnas.

“Terutama kegiatan Tarkamnas merupakan suatu kebanggaan bagi kita karena secara nasional kita termasuk 100 kota lainnya di Indonesia yang menggelar kegiatan ini,” ungkap Kaya.

Baca Juga: Pemkot-LPPM Gelar Rakor

Ia berharap, meskipun tidak bisa dihadiri oleh Menpora mauoun Deputi, namun harapannya ialah kegiatan Tarkamnas yang digelar dapat sukses.

“Menpora maupun Deputi tidak bisa hadir karena sementara mempersiapkan proses penyelenggaraan PON. Tetapi harapan kita ialah lomba Tarkamnas bisa berjalan dengan sukses dan melahirkan atlet-atlet yang berpotensi dalam bidang yang diperlombakan,” pungkasnya.

Kegiatan Pencanangan HUT Kota Ambon yang diawali dengan Apel pagi di Lapangan merdeka itu dilanjutkan dengan jalan santai yang dipimpin oleh Drum Band dari anak-anak Sekolah Menengah Atas dan diikuti oleh rombongan Penjabat Walikota Ambon beserta para pejabat pimpinan OPD dan ribuan ASN Pemkot.

Selain jalan santai, Pemkot juga menggelar kegiatan Donor Darah yang dimotori oleh Palang Merah Indonesia (PMI). Kemudian Pemeriksaan Kesehatan melalui Dinas Kesehatan. Kemudian Lomba Cha Cha, serta Lomba Masak Nasi Goreng yang diikuti oleh OPD dilingkup Pemkot. (S-29)