AMBON, Siwalimanews – Pemprov Maluku didesak meng­ambil langkah antisipatif guna mencegah penularan penyakit hepatitis misterius yang mulai masuk ke Indonesia.

Desakan ini disampaikan Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Provinsi Maluku, Andi Munaswir saat diwawancarai Siwalima melalui telepon selulernya, Jumat (6/5).

Munaswir mengakui, saat ini penyakit hepatitis misterius telah masuk dan menyebar di beberapa wilayah Indonesia seperti DKI Jakarta, dimana penularannya sama seperti hepatitis lain pada umumnya.

Tetapi, lanjut Munaswir, jenis penyakit hepatitis yang tengah menjadi sorotan publik ini memiliki tingkat bahaya yang cukup tinggi, jika dibandingkan dengan penyakit hepatitis biasa.

Terhadap masuk jenis penyakit baru di tanah air ini, Munaswir mendesak semua stakeholder terkait dengan Dinas kesehatan tingkat Provinsi Maluku maupun kabupaten dan kota, untuk segera mengambil tindakan antisipasi guna mencegah penyebaran kasus tersebut.

Baca Juga: Cegah Hepatitis Akut, Dinkes Didesak Sosialisasi

“Memang benar saat ini penyakit hepatitis misterius sudah masuk ke Indonesia dan karena itu semua stakeholder terkait baik Dinas Kesehatan Provinsi maupun kabupaten/kota perlu antisipasi segera,” tegasnya.

Dikatakan, Pemprov Maluku melalui Dinas Kesehatan perlu melakukan pendekatan pencegahan lebih dini sebelum penyakit ini masuk ke Maluku, sebab justru akan kewalahan jika penyakit ini telah terlanjur masuk ke provinsi seribu pulau ini.

Dia juga meminta masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dengan mengutamakan kebersihan diri dan pola hidup sehat, termasuk dengan menjaga protokol kesehatan karena hepatitis misterius merupakan jenis penyakit menular sehingga perlu diperhatikan dengan baik

“Kami juga harapkan masyarakat tetap jaga kesehatan, jaga kebersihan diri, pola hidup sehat, terus jaga protokol kesehatan karena ini penyakit menular,” tandasnya. (S-20)